PROFIL KEMAMPUAN SISWA TERHADAP KLASIFIKASI KONSEP KEANEKARAGAMAN HEWAN MELALUI PENGGUNAAN MULTI MEDIA DI SMA NEGERI 2 SIGLI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis profil kemampuan klasifikasi siswa sebelum dan setelah penerapan multi media dalam pembelajaran konsep keanekaragaman hewan dan mengidentifikasi apakah penggunaan multi media dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengklasifikan keanekaragaman hewan. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu yang menjadi kelas kontrol kelas X-3 dengan jumlah 30 siswa dan kelas eksperimen X-1 dengan jumlah 31 siswa dengan menggunakan random sampling. Metode yang digunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berjumlah 30 soal dan pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa multi media yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran keanekaragaman hewan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan multi media pada kelas eksperimen mendapatkan mean x= 73. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan multi media pada kelas kontrol mendapatkan mean x= 58. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung =4,4 dan ttabel = 2.00 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 4,4 > 2.00).
Kata kunci: Profil kemampuan, klasifikasi konsep keanekaragaman hewan, penggunaan multi media
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bima Prakosa, Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup, (Yogyakarta: Sentra Edukasi Media, 2018), h. 5-6
Budiarti, V., dan Lestariningsih. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_12.
Chyler?ska, Z. A, & Rybska E. (2018). Understanding Students Ideas about Animal Classification. EURASLA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2145-2155
Cholid Narbuko. 2018. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.
Fillah, A. H. A., Ihtiar, A., Dewi, A. W. F., & Vira, T. D. (2022, December). Identifikasi Moluska di Pantai Maron Kecamatan Tugurejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).
Sudjana 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Saprudin, S., Munaldi, M., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus: SMK Indonesia Global). Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 63-70
Kristanto, H.Y.W. (2019). Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa SMA ditinjau dari Perbedaan Kelamin. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5(2). http://OneDrive/Document/SKRIPSI/referensi/baru/article.php.pdf.
Akmal, Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas), Akmal’s Library, 2022
Rachma, D. I., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Penggunaan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning terhadap Minat Belajar IPA Kelas III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 431–438. ISSN Cetak: 2477-2143; ISSN Online: 2548-695
Reza, M. (2021). Manfaat Madia Pembelajaran Menurut Para Ahli. Mandandi.Com. https://www.mandandi.com/2021/02/manfaat-madia-pembelajaran-menurut-para.html
Mika Ermila, Penerapan Pendekatan Saintifik Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X MA Hidayatul Insan Palangkaraya, skripsi 2020
Muhammad Asril dkk., Keanekaragaman Hayati (Yayasan Kita Menulis 2022)
Rahmadina. (2021). Taksonomi hewan invertebrata berbasis riset. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis Bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.