PENGARUH MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI KEANEKARAGAMAN HEWAN DI SMA NEGERI 2 SIGLI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Pengaruh multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi keanekaragaman hewan di SMA Negeri 2 Sigli” ini mengangkat masalah Apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi keanekaragaman hewan?. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi klasifikasi keanekaragaman hewan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sigli yang berjumlah 90 siswa yang terdiri atas tiga kelas yaitu kelas X-1, X-2, dan X-3. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel hanya dua kelas yang terpilih yaitu yang menjadi kelas kontrol kelas X-3 dengan jumlah 30 siswa dan kelas eksperimen X-1 dengan jumlah 31 siswa dengan menggunakan random sampling. Metode yang digunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berjumlah 30 soal dan pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada mata pelajaran keanekaragaman hewan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan multi media pada kelas eksperimen mendapatkan mean x= 73. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritid siswa yang tidak menggunakan media pada kelas kontrol mendapatkan mean x= 58. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung =3,9 dan ttabel = 2.00 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 3,9 > 2.00 ).
Kunci : Multimedia, Kemampuan berpikir kritis, Klasifikasi keanekaragaman hewan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bima Prakosa, Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup, (Yogyakarta: Sentra Edukasi Media, 2018), h. 5-6.
Chyler?ska, Z. A, & Rybska E. (2018). Understanding Students Ideas about Animal Classification. EURASLA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2145-2155
Cholid Narbuko. 2018. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.
Fillah, A. H. A., Ihtiar, A., Dewi, A. W. F., & Vira, T. D. (2022, December). Identifikasi Moluska di Pantai Maron Kecamatan Tugurejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).
Lestari, L. Z. dan I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (ed.)).Erzatama Karya Abadi.
Sudjana 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Saprudin, S., Munaldi, M., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus: SMK Indonesia Global). Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 63-70.
Akmal, Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas), Akmal’s Library, 2022
Rachma, D. I., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Penggunaan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning terhadap Minat Belajar IPA Kelas III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 431–438. ISSN Cetak: 2477-2143; ISSN Online: 2548-695
Reza, M. (2021). Manfaat Madia Pembelajaran Menurut Para Ahli. Mandandi.Com. https://www.mandandi.com/2021/02/manfaat-madia-pembelajaran-menurut-para.html
Mika Ermila, Penerapan Pendekatan Saintifik Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X MA Hidayatul Insan Palangkaraya, skripsi 2020
Muhammad Asril dkk., Keanekaragaman Hayati (Yayasan Kita Menulis 2022)
Rahmadina. (2021). Taksonomi hewan invertebrata berbasis riset. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis Bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.