PENGARUH ALAT PERAGA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA XI SMAN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE

Reni Mulyani, Safrijal Safrijal, Makawiyah Makawiyah

Abstract


Melalui alat peraga siswa tidak hanya mendengar secara pasif terhadap pelajaran yang diajarkan, bahkan dengan adanya media alat peraga dapat menguragi rasa bosan siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Simpang Tiga,kabupaten pidie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan alat peraga terhadap meningkatkan keaktifan belajar siswa dan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan alat peraga terhadap meningkatkan hasil belajar siswa di materi sistem pernapasan manusia. Subjek dalam penelitian ini seluruh kelas XI dan yang menjadi sampel kelas XI MIPA 3 kelas kontrol dan XI MIPA 4 eksperimen SMAN 1 Simpang Tiga, tahun ajaran 2023/2024. Tekhnik yang dilakukan purposive sampling untuk melihat keaktifan dan hasil belajar dengan memberi tes berupa soal. Teknik analisis keaktifan dengan skala liker sedangkan hasil belajar menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat perbedaan keaktifan di kelas eksperimen dengan persentase 63,88% sedangkan kelas kontrol 55%.dan hasil belajar siswa dapat dilihat Presentase N-gain kelas eksperimen0,57(sedang)sedangkan kelas kontrol 0.46(sedang). Berdasarkan Uji-t dlam penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajaran mengunakan alat peraga dan siswa yang dibelajarkan konvesional yang mana thitung ≥ 3.02 yaitu 3,66≤ 1,67 yang berarti Ho ditolak Ha diterima.Kata Kunci: Alat peraga, Sistem pernapasan ,Keakatifan, Hasil Belajar siswa. 

References


Achjar Chalil dan HudayaLatuconsina,2008, Pembelajaran Berbasis Fitrah,Jakarta:Balai Pusaka.

Anonymouns, Mekanisme PernapasaDada

Dan Perut pada Manusia, Januari 2021

Anonymous, mekanisme pernapasan dada

dan perut pada manusia, Januari 2021.

Diakses pada tanggal 15 februari.

Arsyad, A. 2016. Media pembelajaran.

Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Dharis Dwi Apriliyanti, dkk, 2015,

“Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”, USEJ, 4 (2).

jamaroh , Aswan, Strategi BelajarMengajar

Jakarta : Rineka Cipta, 2006 Sagala,Syaiful,(2007).Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung:CV.ALFABETA

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi

Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998.

Sudjana2005.Pengantar Statistik

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono(2017) metode penelitian,

Bandung: Alfabeta Sugiyono(2019;147)

Sugiyono. 2009. Metode penelitian

pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan

(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.

Syarifuddin ,Anatomi manusia untuk

mahasiswa keperawatan(Jakarta: selemba medika,2009),h.155

Tri Murdiyanto dan yuni

Mahatma”Pengembangan Alat Peraga Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Sekolah Dasar” Jurnal Sarwahita, Voll.1 No.1 september 2014,h 38- 43.DOI

21009/sarwajita.111,07

Widiyatmoko dan Pamela Sari,

“Pembelajaran Berbasih Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga memanfaatkan Bahan bekas

pakai”, jurnal

pendidikan IPA Indonesia Vol.1 Nol.1,Afril 2012,h.51-56 DOI:

15294/Vlil

2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.