Pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada materi Plantae di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie

Ajirni Ajirni, Safrijal Safrijal, Makawiyah Makawiyah

Abstract


ABSTRAKPendekatan jelajah alam sekitar merupakan pendekatan yang implentasinya melakukan penjelajahan alam sekitar sebagai sumber belajar, dan menekankan kepada pemanfaatan lingkungan alam di sekitar kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) pada materi Plantae terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 48 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 24 orang siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 24 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada dua tahap, yaitu sebelum dan setelah perlakuan. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pendekatan JAS pada materi Plantae terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Delima. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (3,73) yang lebih besar dari t tabel (1,67) pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan JAS pada materi Plantae dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Delima.Kata Kunci : Pendekatan JAS (Jelajah alam sekitar), Hasil belajar, Materi Plantae

References


Ahmadi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol

(1): 25-32.

Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. 2019. Peran orang tua terhadap Pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perskektif Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 5866. Universal Pendidikan, April 2017, 8-22.

Lukitasari, M. 2018. Mengenal Tumbuhan Lumut (Bryophyta): Deskripsi, Klasifikasi, Potensi dan Cara Mempelajarinya. CV. Ae Media

Grafika.

Mansur, S. 2018. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Uhamka.

Bioeduscience, Vol 2(1), 74-80.

Mansur, S., & Xaverius, A. P. F. 2020. Discovery dan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Pembelajaran Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Journal Of Biology Education, Vol 3(1), 44-53.

Maulidia, A., Sakti, A., Puspita, D. P., & Fitri, E. D. 2019. Keanekaragaman Tanaman Paku (Pteridophyta) di Jalur Ciwalen Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat. Jurnal Biosfer, 2(2), 29-35.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Nasution, Nirmala Sari. 2020. Pembelajaran Outdoor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem dan Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Vol 6(1) : 15-28.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. 2022.

Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan

Islam, 2(1), 1-8

Rohayati, 2021. Pengaruh Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Spermatophyta Kelas VII MTS Darul Amin Palangka Raya. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. Vol. 1(1): 33-38

Rosalina, Rifana Desi, dkk. (2021). Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa (KPS) dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar(JAS) Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 9(2): 10-18.

Sari Indah Puspita. Rahayuningsih Margareta. Kartijono Nugroho Edi. 2012. Pemanfaatan Kebun Sebagai Sumber Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 1(2). 95-101.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Bandung. Alfabeta, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.