ANALISIS MINAT BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIMPANG TIGA KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE

Nurrahmawati Nurrahmawati, Safrijal Safrijal, Makawiyah Makawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar IPA Biologi pada siswa IPA di SMP Negeri 1 Simpang Tiga tahun ajaran 2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah eksploratif kualitatif dengan populasi yaitu seluruh kelas VII-A dan kelas VII-C di SMP Negeri 1Simpang Tiga Tahun ajaran 2024. sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60 siswa, 30 siswa kelas VII-A dan 30 siswa kelas VII-C. Teknik pengambilan sampel di ambil dengan teknik purposive sampling dengan menentukan terlebih dahulu jumlah sampel yang akan di ambil. Intrumen penelitian yang digunakan berupa angket sebanyak 10 pertanyaan dan wawancara. dapat disimpulkan bahwa minat belajar Biologi pada siswa kelas VII-A dan kelas VII-C di SMP Negeri 1 Simpang Tiga, pada kelas VII-A secara keseluruhan dapat digolongkan dalam kategori tinggi atau cukup baik, dengan persentase mencapai 62,60%, sedangkan pada kelas VII-B secara keseluruhan dapat digolongkan dalam kategori tinggi atau cukup baik, dengan persentase mencapai 67,25%. Hasil Wawancara dengan Siswa di SMP Negeri 1 Simpang Tiga bahwasanya “kami belajar IPA Biologi di kelas VII-A dan kelas VII-C mereka senang belajar IPA Biologi karena dapat mempelajari mata pelajaran tersebut.Kata Kunci: Minat Belajar IPA Pada Mata Pelajaran Biologi 

References


Adodo, S . O . & Gbore, L . O . 2012. Prendicition of attitude and interest of science students of different ability on their academic performance in basic sciense. International Journal of Psychology and Counselling, 4(6), 6Kenca.

Hosnul Khotimah, ddk. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Teknik Minat Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII” Dalam jurnal I Jurusan Biologi Fakultas MIPA UM,2015,1.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Imthihani, N . 2007 . Studi Komparasi Penggunaan Media Model dan Gambar Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Margono, S . 2005 . Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT . Rineka Cipta.

Panjaitan, C .(2014) . Analisa Minat Belajar pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMP Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Penabur, 3 1-9.

Prapanca, T . A . 2012 . Minat Siswa Kelas XI Terhadap Mata Pelajaran Tata Boga di SMA Negeri 1 Temon. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Boga Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.Amelia, Y., & Darussyamsu, R. (2020). Presepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Bioilmi, 6(2), 86–93.https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6980.

Seriani Penjaitan, 2017 . Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas II A SDN 78 Pekanbaru.

Slameto . (2010) . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.