PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LITERASI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis literasi matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian melibatkan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Mila. Sampel penelitian merupakan kelas X MIPA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis literasi matematika dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvesional. Data dikumpulkan, menggunakan instrument penelitian dalam bentuk soal test yang terdiri dari lima soal deskriptif kemampuan berpikir kreatif. Analisis data dengan dua rata-rata menggunakan uji-t independent sample t-test. Dari uji hipotesis skor N-Gain di peroleh nilai sig. (tailed-2) < 0,05 yaitu 0,00 dari derajat kebebasan 52, maka dapat disimpulkan bahwa di terima dan di tolak, maka nilai rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen lebih meningkat dari pada nilai rata-rata skor N-Gain kelas kontrol. Kesimpulannya, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis literasi matematika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Literasi Matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Andiyana, M. A., Maya & Hidayat, W. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), (Daring), Vol. l (3): 239-248. Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id (27 Agustus 2019)
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 263-268. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19599.
Deswita (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Xi Mipa Sma Negeri 11 Bulukumba
Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSIJANG , 2 (1), 76-78.
Junaidi & Taufiq (2020:257). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Concept Siswa SMP Di Kabupaten Pidie Jaya Dengan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Geogebra. (Ejournal.bbg.ac.id)
https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/1243
Padmavathy, R. D., & Mareesh.K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary EJournal, 2(I).
Pratiwi, Yenni Putri. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikit Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Yuliasari, Evi. 2017. “Eksperimentasi Model PBL Dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(1):1. doi: 10.25273/jipm. v6i1.1336
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.