PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LERANING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Putri Safira, Junaidi Junaidi, Hery Saputra

Abstrak


Di era modern yang saat ini mengharuskan siswa untuk berpikir kreatif. Berpikir kreatif di jadikan cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan ide baru secara kreatif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada penelitian ini menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design sebagai bagian dari metodelogi quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Peukan Pidie kelas X. Sampel dalam penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling, sehingga kelas X-1 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Data dihimpun menggunakan penilaian kemampuan berpikir kreatif dengan mengaplikasikan model Case Based Learnng (CBL). Analisa data melaksanakan dengan cara uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain dengan taraft signifikansi  Ouput Analisa data memperlihatkan yakni nilai Sig. 2 arah adalah 0,000 yang berarti dibawah dari  maka  ditolak dan  diterima. Akibatnya terdapat adanya perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen bahwa penerapan model CBL secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Case Based Learning (CBL), Kemampuan berpikir Kreatif.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiana, C. F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Smp Kelas VII. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang.

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh model case based learning (CBL) terhadap keterampilan generek sains dan pemahaman konsep siswa kelas x pada materi minyak bumi. Hydrogen: Jurnal kependidikan kimia, 3(2), 294. https:/ / doi.org/10.33394/ hjkk.v3i2.687.

Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39-45. Retrieved from http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/ article/view/232.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalai Model Pembelajaran Missouri Mathematics Projrct (Mmp). Jurnal Formatif, 14-25.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahmazatullaili. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tadris Matematika.

Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugianto, Hayati, F., dan Junitasari. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi oersamaan garis lurus. Pendidikan Tsmbunsai, 2(6), 1678-1686.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, R (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai pemebelajaran matematika yang Inovatif. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 243-250.

Mariani, S. (2018). The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school students. In Journal of Physics: Conference Series. 983(1), 1-9.

Nugroho, A. (2018). Higher Order Thinking Skill. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Puspita, C. D. (2022). Penerapan Model Problem Based-Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Salah Satu SMA di Kabupaten Serang pada Materi Barisan). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(1), 667-682.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.