Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi statistika di SMA Negeri 1 Peukan Pidie. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Peukan Pidie pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel. Sebagai hasilnya, kelas X1 dan X2, terpilih dimana kelas X1 dengan 35 siswa digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL), sementara kelas X2 juga dengan 35 siswa digunakan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penggunaan instrumen penelitian berupa tes, yang terdiri dari lima butir soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode statistik yang relevan. Karena data memiliki distribusi yang tidak normal namun homogen, maka uji-t dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 ( 0,05, oleh karena itu ditolak dan di terima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) lebih unggul daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model konvensional dalam pembelajaran materi statistika.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning (PJBL), Berpikir Kritis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asmuniv (2015). Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Dalam Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). PPPPTK BOE/VEDC Malang. (Online). Tersedia di Http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/indekx.php/menuutama/listrikelektro/1507-asv9.diakses tanggal 19 Agustus 2023
Badar, I. T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontektual. Prenadamedia Group.
Chaeruddin B, Metodologi Pengajaran Agama Islam Luar Sekolah. Cet. I, Yogyakarta: Lanarka Publisher, (2013).
De Porter, Bobby., et al. (2013). QUANTUM LEARNING: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Hari Utomo, D., Nyoman Ruja, I., dan Sularmi. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 475-479.
Hartono, Deni Puji, (2018). PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PjBL Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa, 1-11
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., dan Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keamampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.
Irdayanti, Lieska Sukma. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung.
Karim, Normaya. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model JUCAMA di sekolah menengah pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1) April 2015, 92-104. Tersedia: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/download/634/542. (26-01-2024).
Kokom Komalasari, Pembelajaran Konstektual, Konsep dan Aplikasi, (2014). Bandung: PT. Refika Aditama
Mirunnisa, M., dan Razi, Z. (2021). Analysis of high school students’ mathematic critical thinking ability with graded response models. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 1108-1116.
Muchsin, Mariati. 2020. Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. 3(2) : 1453-1458
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Najla, Siti. (2016). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Gaya Belajar Accomodator Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jambi.
Niswara, R., Muhajir, M., dan Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85-90.
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227
Permata, M. D., Koto, I., dan Sakti, I. (2019). Penagruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30-39. https://doi.org/10.33369/jkf. 1.1.30-39
Pratama, H., dan Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2),44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50
Pratiwi, Dewi Cristina dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd, Vol 2 (3) Juni 2018, hlm. 116-125
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.
Sinambela, L. P. (2020). Penelitian Kuantitatif. PRISMAKOM (Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan,, Dan Perbankan). Vol 17. No 1. Hal 21-36.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R dan D. Bandung: Alfa Beta, (2016).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progrseif, Intelektual, Dan Konstektual, (Jakarta: Kencana, 2014), h. 42-43
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.