MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pebandingan dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang tiga. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan N-Gain. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikan (2-arah) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima,berarti terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Untuk uji N-Gain nilai rata-rata skor yang diperoleh 0,857 termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Muchsin, Mariati. 2020. Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. 3(2) : 1453-1458
Muchsin, Hamdi. 2021. Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu. 22(1) : 98-109
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.