PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sigli. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan N-Gain. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikan (2-arah) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 61,125 dan untuk siswa kelas kontrol sebesar 38. Untuk uji N-Gain nilai rata-rata skor yang diperoleh 0,32 termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fauziah, E., & Kuntoro, T. 2022. Modifikasi Intelegensi dan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 49-63.
Hartanti, N. 2021. Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3).
Junaidi, Taufiq. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Delima. Jurnal Sosisal Humaniora Sigli, 4(1), 80-90.
Laisnima, L., & Siregar, T. 2020. Modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses peserta didik pada materi redoks dan sel elektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 84-90.
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Muhalizah, M. 2018. Pengaruh Metode Improve terhadap Kreativitas Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTS Syekh Subakir pada Materi Bangun Datar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 92-104.
Nasional, D. P. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia.
Suyantana, I. N. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Tompotika: Social, Economics, and Education Science, 4(1), 9-19.
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. 2016. Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56-66.
Refbacks
- There are currently no refbacks.