PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA SOAL URAIAN MELALUI MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL)

Dedi Sabarna, Bansu Irianto Ansari, Hery Saputra

Abstrak


ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana paradigma Resource Based Learning (RBL) dapat digunakan di Mas Al-Fikriyah untuk meningkatkan kapasitas berpikir kritis matematis siswa. Seluruh anggota kelas X Mas Al-Fikriyah tahun pelajaran 2022–2023 menjadi populasi penelitian. Kelas X1 dan kelas X2 dipilih untuk penelitian ini dengan metode purposive sampling karena memiliki tingkat kemampuan kognitif yang hampir sama. Kelas X1 yang dijadikan kelas eksperimen sebanyak 22 siswa untuk proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL). Kelas X2 yang dijadikan sebagai kelas kontrol untuk proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran non Resource Based Learning (RBL) berjumlah 22 siswa. untuk mengumpulkan data. Alat penelitian berupa soal tes yang meliputi lima soal essay kemampuan berpikir kritis matematis siswa digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh selanjutnya diperiksa menggunakan statistik yang tepat. Karena datanya homogen tetapi tidak berdistribusi normal, uji-t dapat digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Menurut perhitungan, Ho ditolak sedangkan Ha disetujui karena nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model resource-based learning (RBL) lebih unggul dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model non RBL pada materi vektor. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Soal Uraian, Vektor, Resource Based Learning (RBL).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.