PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 2 DELIMA.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada tantangan dalam pengajaran konsep ekosistem di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie, yang ditandai dengan rendahnya aktivitas siswa dan penggunaan media pembelajaran yang statis. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengembangkan dan menganalisis desain multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Barg & Gall. Data dikumpulkan melalui validasi oleh ahli materi dan media, serta melalui respon dari guru dan siswa yang terlibat dalam uji coba. Instrument yang digunakan berupa angket (kuesioner) berskalar likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini mendapatkan persentase kepuasan rata-rata 98% dari ahli media, menunjukkan sangat layak digunakan, dan 59% dari ahli materi, menunjukkan cukup layak dengan beberapa revisi. Kesimpulannya, multimedia interaktif ini direkomendasikan sebagai media pembelajaran di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Kemas. (2013). Biologi Tanah. Jakarta: Rajawali Press.
Ali, Mohammad. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Puataka.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational research: An introduction. Longman.
Busyaeri, Akhmad, dkk. (2016). “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon”. Jurnal Al Ibtida, 3(1): 129-139.
Danim, Sudarwan. (2008). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Kurnia. (2020). Pentingnya Mesia Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.
Djamal, Irwan. (2010). Ekosistem, Lingkungan Dan Pelestariannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamal, Zoer’aini. (2010). Prinsip-prinsip Ekologi. Jakarta: Bumi Aksara.
Epinur. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia pada Materi Elektrokimia untuk Kelas XII SMAN 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Multimedia interaktif”. Jurnal Ind. Soc. Integ. Chem.
Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayumuti. (2016). Penggunaan Multimedia CD Interaktif Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Tema Selalu Menghemat Energi Di Kelas IV SDN Klanderan Kediri. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan.
Istiqlal, Muhammad. (2019). “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, 2(8): 25-34.
Jasa Ungguh Muliawan. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurnia, Rita dan Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Mitchel, Reece. (2008). Campbell Edisi ke delapan Jilid ke Tiga. Jakarta: Erlangga.
Muhtadi, Ali dan Hotimah. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi
Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovasi dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pradana, Ian Bimasta, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Matapelajaran IPA Materi Cahaya. Jurnal JINOTEP Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran.
Priyanto, Dwi. (2009). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer”. Jurnal Pikiran Alternatif Kependidikan.
Reece, Campbell, dkk. (2006). Biologi edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.
Rifai, M. (2004). Kamus Biologi. Jakarta: Balai Pustaka.
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.