UPAYA MEMINIMALISIR SISWA YANG KESULITAN MEMBACA DI SMPN 1 JABIREN RAYA, KABUPATEN PULANG PISAU

Nur Hasanah, Sylvia Yaya, Nurul Wahdah, Sabarun Sabarun, Hesty Widiastuty

Abstract


Setelah mempembelajaran dirumah yang memakan waktu cukup lama, akhirnya pemerintah kembali menghadirkan sekolah tatap muka, namun hal itu justru menjadi tantangan baru lagi untuk guru-guru di SMPN 1 Jabiren Raya, para guru  banyak mengeluh karena banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca, sehingga pembelajaran terganggu. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah PALS (participatory action learning system), dengan pelaksanaan (1) mengidentifikasi masalah siswa; (2) melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah pembelajaran, merencanakan bimbingan dan pendampingan siswa, (4) melakukan pendampingan terstruktur dengan kelas tambahan, dan (5) kegiatan pemantauan dan evaluasi. (6) pelaporan dan penelusuran keberhasilan program. Berdasarkan hal itu kegiatan bimbingan membaca untuk siswa SMPN 1 Jabiren Raya dikata kan berhasil dan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan membaca, dari data 17 siswa sudah 14 siswa lancar membaca 3 siswa masih kurang lancar membaca, dapat disimpulkan tim pengabdian berhasil meminimalisir kesulitan membaca sehingga pembelajaran didalam kelas menjadi kondusif, siswa bisa memahami tulisan serta menjawab soal yang telah diberikan oleh guru.

References


Aguspiani, R., Bagus, I., & Moh.Irawan. (2022). Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di Era Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1901

Himawanto, D. A., Gholib, A. K. G., Septiarista, B. A., Yahya, F., Pratiwi, H., Usaidah, I. M., Sofia, M., Khasanah, T. M., Novatona, V., Citra, V. F., & Ahnaf, Y. (2022). Kelas Literasi: Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Peserta Didik Sd N 02 Jantiharjo Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kkn Tematik Kampus Mengajar). Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6662

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29–32.

Nadzifah, F. (2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus Tahun Ajaran 2018/2019 [Skripsi, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/3287/

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(2), 143–164.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291.

Shodikin, A., Sutardi, S., Muhajir, A., & Sumarno, W. K. (2017). Iptek Bagi Kewirausahaan Di Universitas Islam Darul Ulum. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1, 316–321.

Sueca, I. N., & Darmayanti, N. W. S. (2020). Pembinaan Dan Pembimbingan Kegiatan Literasi Dasar Dalam Pembelajaan Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Anak-Anak Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 557–561. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3388

Sukartiningsih, W. (n.d.). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 245–257.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.