PENGARUH PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsS KEUMALA KABUPATEN PIDIE

Tuti Rahmah

Abstrak


Pada akhir tahun 2019 dunia ditimpa musibah yang sangat besar yaitu munculnya suatu virus yang dinamakan virus Corona,Indonesia juga tak luput dari virus corona tersebut. Akibat dari penyebaran virus Corona ini menjadikan segala sektor menjadi terhambat perkembangannya, tidak terkecuali di sektor pendidikan. Namun demikian pemerintah begitu sigap dalam mengambil kebijakan dalam menangani virus Corona ini yang penyebarannya itu melalui kontak fisik antar individu. Di sisi lain proses pembelajaran seyogyanya dilaksanakan secara tatap muka yang mengharuskan kontak fisik antar individu.Karena hal demikian, maka pemerintah mengambil kebijakan untuk melaksanakan proses pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh melalui sistem DARING (Dalam Jaringan). Akan tetapi kebijakan ini tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran jarak jauh membutuhkan jaringan internet yang bagus, smartphone yang mendukung aplikasi pemebelajaran jarak jauh serta kuota internet.Akibatnya banyak sekolah-sekolah yang tidak melaksanakan pembelajaran secara DARING (Dalam Jaringan), akan tetapi lebih memilih untuk memberikan tugas-tugas kepada siswa. Hal inilah yang membuat penulis ingin meneliti apakah dengan pemberian tugas dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian pekerjaan rumah (PR) dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pekerjaan rumah (PR) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa di masa pandemi ini masih dapat ditingkatkan walaupun pembelajarannya tidak bisa dilaksanakan secara DARING (Dalam Jaringan).

Kata kunci:Pekerjaan Rumah (PR), Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sukmadinata, Nana Syoadih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan berdaya saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2, 1–12.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.

Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. Vol. 19 Pages 18-26.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.