ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 2 DELIMA KABUPATEN PIDIE
Abstrak
Pentingnya peran minat belajar dalam keberhasilan proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Minat siswa yang rendah terhadap pembelajaran PJOK dapat berdampak negative terhadap motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yeng mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa serta tingkat minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie. Landasan teoritis dalam penelitian ini mencakup pengertian minat belajar, fator-faktor yang mempengaruhinya seperti perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan, dan perhatian dalam belajar. Minat belajar didefinisikan sebagai perhatian dan rasa suka seseorang terhadap suatu objek atau kegiatan belajar yang ditunjukkan melalui partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa antara lain lingkungan sekolah, strategi pembelajaran guru, fasilitas, serta dukungan dari keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA negeri 2 Delima Kabupaten Pidie yang berjumlah 250 siswa, dengan sampel sebanyak 25 siswa kela XI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode survei menggunakan angket tertutup dengan skla lingkert yang terdiri dari 24 item pernyataan. Instrument disusun berdasarkan empat indicator utama minat belajar, yaitu: perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan siswa, dan perhatian siswa dalam belajar. Data analisis menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator perasaan senang memperoleh persentase 82%, ketertarikan siswa 81%, keterlibatan siswa 79%, dan perhatian siswa 75%. Secara keseluruahn, minat siswa kelas XI terhadap pembelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Delima Kabupaten Pidie berada pada katagori tinggi dengan persentase kumulatif sebesar 79.1%. hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun beberapa siswa menunjukkan minat yang tinggi, masih terdapatnya faktor-faktor yang memerlukan perhatian agar pembelajaran PJOK lebih efektif dan diminati oleh seluruh siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2.Jakarta: Bumi Aksara
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam. Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta:
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Edy, Syahputra. 2020. Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.Yogyakarta: UNY Press
Habibi,R, & Aprilian,R, (2020). Buku Tutorila dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD. Kreatif.
Muhammad, Muhammad, Amirzan Amirzan, and Fakrurrazi Fakrurrazi. "Pengaruh Kepemimpinan Guru PJOK Terhadap Kondisi Mental Atlet Dalam Mengikuti Kompetisi Olahraga (Penelitian Pada SMA Negeri 2 DELIMA)." Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan 3.4 (2023): 249-264.
Nareswari Anggi Nicken, 2020, Makalah minat belajar siswa
Parnawi. (2019). Psikologi Belajar. Sleman: Deepublish.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi
- Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
- Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
- Phone: +62 823-6755-9193
- Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com
