STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 2 INDRAJAYA

Safira Safira, sumarjo sumarjo, Amirzan Amirzan

Abstrak


Penelitian ini berjudul: Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Indrajaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Indrajaya? (2) Bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Indrajaya? (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Indrajaya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan minat siswa, mengetahui tingkat minat siswa terhadap pembelajaran PJOK, serta menganalisis kendala yang dihadapi guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data berupa angket tertutup, observasi nonpartisipan, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 guru PJOK dan 80 siswa di SMA Negeri 2 Indrajaya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan penyajian data dalam bentuk tabel frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa strategi yang diterapkan guru meliputi perencanaan pembelajaran yang variatif, pemanfaatan media interaktif, dan metode mengajar yang kontekstual dan partisipatif. Hasil angket menunjukkan bahwa 67,5% siswa memiliki minat yang tergolong “baik” hingga “sangat baik” terhadap pembelajaran PJOK. Observasi dan wawancara mendukung temuan ini, di mana siswa menunjukkan antusiasme tinggi, partisipasi aktif, serta tanggapan positif terhadap pembelajaran PJOK. Kendala yang dihadapi guru meliputi keterbatasan sarana prasarana dan variasi metode yang belum optimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan guru memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Indrajaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gestina, R., dkk. (2020). Model dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi. (2018). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Indriyawati. (2015). Strategi Pembelajaran Aktif dan Inovatif. Jakarta: Kencana.

Joyce, B., & Weil, M. (2009). Models of Teaching (8th ed.). Boston: Pearson Education.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta.

Mulyasa, E. (2016). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, N., & Wahyudin, N. (2017). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pratiwi, D. (2020). Strategi Pembelajaran Efektif di Sekolah Menengah. Surabaya: Unesa Press.

Putri, R. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Rosidiani. (2013). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: CV Maulana Media Grafika.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saleh, M. (2020). Psikologi Pendidikan untuk Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sheila. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahputra, M. (2020). Psikologi Pendidikan Modern. Medan: Perdana Publishing.

Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Utama, S. (2011). Pendidikan Jasmani: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf Ahmad, M. (2017). Minat Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Mandiri.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com