PENERAPAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 TANGSE

Miftahuljannah Miftahuljannah, sumarjo sumarjo, Muhammad Yahya

Abstrak


Penelitian ini berjudul "Penerapan Media dalam Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Tangse." Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang belum memanfaatkan media dalam proses pembelajaran PJOK secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan media dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala bagian kurikulum, wali kelas, dan seluruh guru PJOK di SMP Negeri 2 Tangse, dengan jumlah responden sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan mengubah hasil frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media dalam pembelajaran PJOK berada pada kategori “Sedang” dengan rincian: kategori Sangat Tinggi sebanyak 0 orang (0%), Tinggi sebanyak 5 orang (33,33%), Sedang sebanyak 6 orang (40,00%), Rendah sebanyak 2 orang (13,33%), dan Sangat Rendah sebanyak 2 orang (13,33%).Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Tangse masih perlu ditingkatkan, baik dari segi variasi media maupun frekuensi penggunaannya, guna mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni, S. N., & Agung. (2022). Wawancara adalah Salah Satu Upaya Mencari Informasi, Ini Penjelasannya. Katadata.Co.Id.

Akhiruyanto. (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Yogyakarta: FIK UNY.

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitia*. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Barnadib. (2005). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajri, A., & Prasetyo, Z. K. (2015). Pembelajaran Aktif di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah. (2009). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadisusanto, Sidharto, & Siswoyo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2010). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Heinich, R. dalam Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hendrayana, dkk. (2018). Pengantar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Kemendikbud.

Lutan, R. (2004). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Made, W. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih. (2009). Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: UNY Press.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Muktiani. (2008). Media Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muktiani. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Paturusi, A. (2012). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwodarminto, W. J. S. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H. A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Kaukaba.

Sartinah. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriatna & Wahyupurnomo. (2015). Pendidikan Jasmani. Jakarta: Kemendikbud.

Suryobroto, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Sutirman. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utama, A. (2011). Hakikat Pendidikan Jasmani. Bandung: CV Alfabeta.

Yudanto, M. (2008). Konsep Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Yogyakarta: FIK UNY.

https://fkip.esaunggul.ac.id/pengertian-media-pembelajaran-dan-perkembangannya-saat-ini/ (diakses 11 Maret 2025)

https://unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html (diakses 11 Maret 2025)

https://www.google.com/search?client=firefox-be&q=pjok+pendidikan+jasmani+olahraga+dan+kesehatan (diakses 11 Maret 2025)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com