KONDISI KEBUGARAN JASMANI SANTRI DAYAH SYAMSUL MA'RIFAH AL AZIZIYYAH TANGSE TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Meldy Dwi Natasya, Muhammad Yahya, Nurmasyitah Nurmasyitah

Abstrak


Studi ini berjudul: Kesehatan Fisik Santri Dayah Syamsul Ma’rifah Al Aziziyyah Tangse untuk Tahun Ajaran 2024/2025. Pertanyaan utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kondisi fisik santri Dayah Syamsul Ma’rifah Al Aziziyyah Tangse selama Tahun Ajaran 2024/2025? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kesehatan jasmani santri dengan menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang diterbitkan pada tahun 2010. Penelitian ini tergolong kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan alat ukur TKJI yang ditujukan bagi remaja berusia 16 hingga 19 tahun, terdiri dari lima jenis tes, yaitu lari 60 meter, angkat tubuh, duduk dari berbaring, lompatan tegak, dan lari 1200 meter. Populasi yang menjadi objek penelitian ini mencakup seluruh santri sebanyak 40 orang, sementara sampel yang diambil berjumlah 35 orang dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes fisik dengan instrumen TKJI, dan analisis dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas santri termasuk dalam kategori sedang (35%), diikuti kategori baik (30%), baik sekali (20%), dan kurang (15%). Tidak ada santri yang berada dalam kategori kurang sekali. Temuan ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan, tingkat kebugaran jasmani santri dapat dianggap cukup baik, meskipun ada beberapa unsur yang perlu ditingkatkan, khususnya dalam hal kekuatan otot lengan dan daya tahan kardiovaskular.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdoellah, A., & Manadji, A. (1994). Ilmu Kepelatihan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Alfarizal. (2023). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Prenada Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Airlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fajarudin, R. (2009). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, F. (2009). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Yrama Widya.

Irianto, D. P. (2004). Panduan Pembinaan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Andi.

Kosasih, E. (1985). Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Diponegoro.

Kravitz, L. (2001). Essentials of Exercise Science. Albuquerque: University of New Mexico.

Lestari, I., Amirzan, M., & Sumarjo, B. (2022). Pendekatan adaptif dalam pembelajaran jasmani di lingkungan keagamaan. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, 10(2), 55–63.

Lutan, R. (2001). Pendidikan Jasmani dan Olahraga dalam Kehidupan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lutan, R. (2001). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Lutan, R. (2002). Menuju Kebugaran Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

McCarthy, A. (1995). Health and Physical Education. Sydney: McGraw-Hill Australia.

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jakarta: Erlangga.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Nurhasan. (2005). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Surabaya: UNESA Press.

Pekik Irianto, D. (2004). Panduan Pembinaan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Andi.

Pemerintah Republik Indonesia. (2022). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 124.

Republik Indonesia. (2022). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.

Sharkey, B. J. (2002). Fitness and Health (5th ed.). Champaign: Human Kinetics.

Slamet. (2011). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukintaka, A. (2004). Dasar-Dasar Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Sukintaka. (2004). Pengantar Ilmu Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com