PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI TERHADAP PRESTASI PJOK SISWA DI SMP NEGERI 2 TANGSE TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Abstrak
Penelitian ini berjudul: Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Literasi dan Numerasi terhadap Prestasi PJOK Siswa di SMP Negeri 2 Tangse Tahun Pelajaran 2024/2025. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat aktivitas pembelajaran literasi dan numerasi siswa, bagaimana prestasi belajar PJOK siswa SMP Negeri 2 Tangse, dan apakah terdapat pengaruh antara aktivitas pembelajaran literasi dan numerasi terhadap prestasi belajar PJOK siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas pembelajaran literasi dan numerasi, mengetahui prestasi belajar PJOK siswa, serta menganalisis pengaruh aktivitas literasi dan numerasi terhadap prestasi belajar PJOK siswa SMP Negeri 2 Tangse. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data melalui tes tulis, observasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa SMP Negeri 2 Tangse yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, serta guru PJOK dan kepala sekolah sebagai triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya dengan triangulasi teknik dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa berada pada kategori cukup hingga baik. Indikator yang paling dikuasai adalah pemahaman materi dan berpikir kritis, sedangkan indikator menghitung dan menganalisis serta pemahaman statistik dasar masih tergolong cukup. Hasil observasi dan wawancara mendukung data tersebut, menunjukkan bahwa kegiatan literasi numerasi telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih menghadapi beberapa kendala. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran literasi dan numerasi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar PJOK siswa SMP Negeri 2 Tangse tahun pelajaran 2024/2025.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ari, I. (2016). Peranan Kemampuan Numerik dan Verbal. Yogyakarta: Pustaka.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
GLN Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Han, et al. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Jamaris.
Harsono. (2015). Strategi Pembelajaran PJOK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim. (2017). Pendidikan Literasi Abad 21. Bandung: Rosda.
Kemendikbud. (2020). Strategi Nasional Literasi dan Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Leksmono, R. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Murtiyasa, B. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY Press.
OECD. (2016). PISA 2015 Results: Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Pangesti, F. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Satori, D. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Siskawati, D., et al. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan, 5(2), 256–265.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharno. (2018). PJOK untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Grasindo.
UNESCO. (2004). The Plurality of Literacy and Its Implications for Policies and Programmes. Paris: UNESCO.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi
- Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
- Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
- Phone: +62 823-6755-9193
- Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com
