Peranan Kesegaran Jasmani dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PJOK Siswa SMP S Darussa’adah Teupin Raya

Kamal Kharazi, Indah Lestari, Muhammad Yahya

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Peranan Kesegaran Jasmani dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PJOK Siswa SMP S Darussa’adah Teupin Raya.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa, tingkat motivasi belajar PJOK siswa, serta hubungan antara kesegaran jasmani dengan motivasi belajar PJOK di SMP S Darussa’adah Teupin Raya tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data terdiri dari Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan angket motivasi belajar PJOK sebanyak 30 butir pernyataan menggunakan skala Likert 4 poin. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan rata-rata (mean), distribusi persentase kategori, serta uji korelasi Pearson Product Moment dan uji signifikansi t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori kebugaran jasmani cukup (50%), dan motivasi belajar PJOK berada dalam kategori baik (56,7%). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara kesegaran jasmani dan motivasi belajar, dengan nilai r = 0,936 dan t hitung = 14,08 > t tabel = 2,048 pada taraf signifikansi 5%. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kesegaran jasmani siswa, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Oleh karena itu, peningkatan program kebugaran jasmani perlu menjadi perhatian utama dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran PJOK di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfarisyi (2021:118). (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Matapelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTs Salafiyah Al-Amin. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(10), 115–123.

Alfarizal, M. R. (2023). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Kelas Atas SD Negeri 2 Klaten Kabupaten Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, 4(1), 88–100.

Arjuna, F. (2019). Pedoman Untuk Mendapatkan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: UNY Press.

Departemen Pendidikan Nasional (2010). Tes Kebugaran Jasmani Indonesia.Jakarta: Depdiknas.

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djoko Pekik Irianto. (2004). Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Duncan, T. (2002). Physical Education and the Promotion of Physical Activity. Educational Researcher, 31(5), 59-65.

Hanafi, S., & Ikadarny. (2023). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMA YP PGRI 1 Makassar. Jurnal Speed (Sport, Physical Education and Empowerment), 6(1), 1–10.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. London: Longman.

Harsono. (2015). Kepelatihan olahraga. (teori dan metodologi). Bandung: Remaja Rosdakarya

Hendri, & Aziz, I. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago PadangPariaman.JurnalPatriot,2,171–181. http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot/article/view/533

Kustria, K. S.,Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Sma/Smk Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. JurnalIlmuKeolahragaanUndiksha,8(3),173. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Mardalis. 2008. Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Masakke, I. S., & Prihatno, J. B. (2017). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Siswa yang Merokok Dengan Siswa yang Tidak Merokok di SMAN 11 Surabaya Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05(02), 186–191. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- jasmani/issue/archive

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMA Usia 16-19 Tahun di Desa Balecatur Pada Masa Pandemi Covid 19. In Industry and Higher Education (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspac e.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Noer, S., Nahdlatul, U., & Sidoarjo, U. (2023). Kebijakan Pemerintah dalam Peningkatan Kualitas Mutu Guru Pendidikan Agama Islam; Analisis

Nugraha, M. H., & Wibowo, S. (2021). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 Nomor 02 Tahun 2021

Pradana, K. A., Kurniawan, A. W., Winarno, M. E., & Kurniawan, R. (2023). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di Sekolah Dasar Negeri Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v15i1.56191

Putra, M. A. A. (2021a). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di SMA/SMK Negeri Se-Kota Mojokerto. Pendidikan Jasmani, 9(1), 3–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal- pendidikan- jasmani

Putri, S. M. (2023). Evaluasi Sarana Dan Prasarana Olahraga Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sma Se-Kecamatan Polewali. 4(1), 88– 100.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y., E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Rusli Rutan. (2002). Belajar Ketrampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud.

Soerjono Soekanto. (2009). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharjana. 2013. Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.

Sukadiyanto. (2010). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV Lubuk Agung

Sukardjo, M. (2012). Pengantar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardjo, M. (2012). Pengantar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukintaka. 2001. Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika.

Sulistiyono. (2017). Tes Pengukuran Dan Evaluasi Olahraga. Yogyakarta: UNY Press.

Syaiful, M. (2011). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Widiastuti. (2017). Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Winensari, W., Irmasyah, J., & Isyani, I. (2022). Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SLBN 1 Mataram. Discourse of Physical Education, 1(2), 70–83. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i2.879

Zahran, R. A. (2023). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Kelas Atas Tahun Ajaran 2023/2024 di SD Negeri Sawangan 1 Depok Provinsi Jawa Barat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com