UPAYA GURU PJOK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAIAN BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 MILA
Abstrak
Kemampuan motorik penting dipelajari dalam pelajaran pendidikan jasmani karena kemampuan gerak merupakan bagian dari ranah psikomotorik. Ada tiga komponen dasar dominan psikomotor, yaitu: domain yang bersifat jasmani (psysical), kesegaran (fitness), dan per mainan (play). Komponen bersifat jasmani terkait dengan status anatomis atau struktural. Komponen motorik berhubungan dengan kualitas gerak atau cara melakukan gerakan. Adapun unsur-unsur kemampuan motorik terdiri dari: (1) kekuatan, (2) kecepatan, (3) power, (4) ketahanan, (5) keseimbangan, (6) fleksibilitas, dan (7) koordinasi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui berpengaruh tidaknya latihan bermaian bola basket terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar siswa, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan motorik kasar yang dimiliki dan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kefektifan dari berlatih bola basket terhadap kemampuan atau peningkatan motorik kasar para siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi adalah Kepala dan wakil Kepala Sekolah, Kepala dan wakil Bagian Kurikulu m dan para Guru PJOK serta Wali kelas yang ada di SMA Negeri I Mila Kabupaten Pidie. Dengan demikian jumlah populasi seluruhnya adalah berjumlah 20 orang. Sedangka n sampel dalam penelitian merupakan total sampel artinya mengambil seluruh populasi sebagai sampel,tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan Agar yang diperoleh dalam penelitian ini data kuantitatif maka setiap butir jawaban diberi skor dalam bentuk Skala Likert yang telah dimodifkasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat dismpulkan bahwa secara keseluruhan bahwa Guru PJOK telah mengembangkan motorik kasar siswa melalui pembelajaran bola basket dala m pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie tahun ajaran 2021/2022.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Sujianto. (1996). Psiko logi
Perkembangan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, (1991) Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Penerbit : Bala i
Pustaka . Jakarta
Djoko Pekik Irianto. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: FIK UNY. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) (2020), Pedoman Penulisan Skripsi FKIP Universitas Jabal Ghafur
http://www.definisi- pengertian.com/2015/04/pengertia n-motorik-kasar-pendidikan.html https://bolabasket.web.id/peratura n-bola-basket
Hurlock, B., Elizabeth. (1978).
Perkembangan Motorik Anak.
Jakarta: Erlangga.
Kart ini, Kartono. (1990). Psiko logi
Anak (Psiko logi Perkembangan),
Cetakan keempat. Bandung: Mandar
Maju.
Oxendine, Joseph B. (1968).
Psychology of Motor Learning. New
York: Appleton, Century-Cro ft.
Purnomo Ananto. (2000). http:www.depdiknas.go.id/ publikasi/ bulet in/ SegJes/
Edisi_13_th_vii_2000/kemampuan_
motorik.ht m.
Sugiyo no, (2012). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, danR&D, Bandung: Alfabeta Bandung.
Sukadiyanto. (2001). Pengantar
Teori Dan Metodologi Melatih Fisik.
Yogyakarta: FIK UNY.
Suharsimi,Arikunto . 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.
Toho Cholik Muthohir. (2004).
Model Pengembangan Motorik Anak
Prasekolah. Jakarta: Ditjen Olahraga
Masyarakat.
Rusli Lutan. (2001). Belajar
Keterampilan Motorik Pengantar
Teori dan Metode, Jakarta: P2LPTK,
Dit jen Perguruan tinggi.
Yudha M.Saputra & Amung
Ma’mun. (2000). Perkembangan
Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta:
Depdiknas-Ditdasmen.
Zulkifli. (2003). Psiko logi
Perkembangan. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Zuriah, Nurul. (2007) Metode
Penelitian (Sosial dan Pendidikan),
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi
- Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
- Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
- Phone: +62 823-6755-9193
- Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com