PENGARUH KECENDERUNGAN PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) PADA SISWA SMP NEGERI 2 PEUKAN PIDIE

Hubbalillah Hubbalillah, sumarjo sumarjo, Amirzan Amirzan

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecenderungan penggunaan media terhadap pemahaman konsep pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada siswa SMP Negeri 2 Peukan Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa, yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dan wawancara, serta dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan tingkat pemahaman konsep PJOK, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,462 dan signifikansi 0,001. Hubungan tersebut bersifat positif dan berada dalam kategori sedang. Jenis media yang paling efektif menurut siswa dan guru adalah media visual dan interaktif, seperti video demonstrasi dan animasi gerakan. Media tersebut dinilai mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep gerak dan teknik olahraga, terutama dalam kondisi keterbatasan waktu praktik. Temuan ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media yang sesuai dengan karakteristik materi PJOK guna meningkatkan efektivitas pembelajaran di tingkat SMP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abi Hamid Mustofa, Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita Menulis

Ajabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi

Akmal, H., & Susanto, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi . Banjarmasin: Univeritas Lambung Mangkurut.

Al-Adawi, Syekh Mustafa. 2023. Al-Adawi, Fiqh Pendidikan Anak, Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini, Dilengkapi dengan Nasihat Para Dokter dan Psikolog Anak. Jakarta: Qisthi Press.

Arends, R. I. (2020). Learning to Teach (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Arfani, L. (2016). MENGURAI HAKIKAT PENDIDIKAN, BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2), 81-97

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Utama

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2020). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Publications.

Djaali, (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, Sunyoto. 2016. Metode Penelitian Akuntansi. Bandung : PT. Refika.

Firdayanti, Neni. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya di Indonesia Kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang”. Joyful Learning Journal 9.3 (2019)

Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2019). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 75–88.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro

Handayani, R. (2023). Pengaruh Media Digital terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 11(1), 12–20.

Harmanto, Ning, Subroto, M. Ahkam, (2016), Pilih Kamu dan Herbal Tanpa Efek Samping, PT Elex Media Komputindo, Jakart

Heinich, R., et.al. (2018). Instructional media and technologies for learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Ibnu Hadjar. (2016) Dasar-Dasar Metodolgi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan (Jakarta; Raja Grafmdo Persada.

Kurniawan, D., Prasetyo, R. A., & Fitriyah, L. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Gerak Dasar dalam PJOK. Jurnal Olahraga dan Pembelajaran, 4(2), 145–153.

Mayer, Richard E., Multimedia Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019..

Muhajir. 2020. Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani. Bandung : Sahara Multi Trading

Mukitasari, R., et al. (2023). Lingkungan Belajar dan Stres Akademik terhadap Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 6(1), 101–112.

Muliadi, Sudirman & Kadir. A. 2020. PKM Pelatihan Media Modifikasi Pendidikan Jasmani Bagi Guru - Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD Di Kecamatan Cina Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Dedikasi, 22, 166–176.

Priyatno, Duwi. 2016. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI).

Riniwati, Harsuko. 2016. Manajemen Sumber Daya Mnusia Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). Malang : UB Press.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2018). Media Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan Development. Bandung : Alfabeta

Suldo, S. M., & Shaunessy, E. (2020). The role of supportive school environments in student motivation and achievement. Journal of School Psychology, 85(2), 55–68.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasar 1 Ayat 1. Sekretaris Negara. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wang, M. T., & Degol, J. L. (2020). School Climate: A Review of the Construct, Measurement, and Impact on Student Outcomes. Educational Psychology Review, 32(2), 315–352.

Wulandari, A., & Ramadhan, B. (2021). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Materi PJOK Siswa SMP. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1), 33–41.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com