Pengaruh Keunikan Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Permintaan Konsumen Dengan Memediasi Nilai Manfaat Produk Pada Toko Mr. D.I.Y Sigli Kabupaten Pidie
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Keunikan Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Permintaan Konsumen Dengan Memediasi Nilai Manfaat Produk Pada Toko Mr. D.I.Y Sigli Kabupaten Pidie. Dimana variabel independen (X) yaitu ikan Produk dan Kelengkapan Produk variabel moderating (Z) yaitu Nilai Manfaat Produk dan Permintaan Konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung Keunikan produk terhadap nilai manfaat produk positif dan signifikan. Pengaruh langsung Keunikan produk terhadap nilai manfaat produk positif dan signifikan. Pengaruh langsung kelengkapan produk terhadap nilai manfaat produk positif dan signifikan. Pengaruh langsung Keunikan produk terhadap nilai manfaat produk positif dan signifikan
Kata Kunci : Keunikan Produk, Kelengkapan Produk, Permintaan Konsumen Nilai Manfaat
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Desiyani, R. E., Agustiansyah, L. D., & Maelani, P. (2022). Pengaruh Keunikan Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Husada Pratama. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 99–111. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.73
Haris, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 72–86. https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i1.61
Jacobus, T. (2022). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Freshmart Superstore Bahu Manado di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 10(4), 95–105.
Lewerissa, D. (2023). Pengaruh penetapan harga terhadap permintaan konsumen pada iyana store di kota nabire. 16(1), 67–84.
Masibbuk, I., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan Dantata Letak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado). 411 Jurnal EMBA, 7(1), 411–420.
Muhtadi, M. F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Mudharabah Al Barakah Di Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(2), 14–25.
Nofrizal, N. (2021). Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 219–226. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226
Rafika, L. A., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Teh Raja. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(1), 96–108. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i1.11278
Rosnani. (2019). Analisis pengaruh kualitas,promosi dan keunikan produk terhadap keputusan pembelian souvenir amanda collection. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 775–766.
Samosir, N. E., Siagian, N., Nst, R. R., & Frisnoiry, S. (2023). Pengaruh Permintaan dan Penawaran terhadapPerekonomian. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(8), 1799–1805.
Siti Syuha, Alexandro, R., Uda, T., Dehen Erang, Daniel, S., & Hendrowanto Nibel. (2022). Analisis Permintaan Konsumen Terhadap Produk Pada Alexindo Aluminium Di Jalan Irian Palangka Raya. Edunomics Journal, 3(2), 57–65. https://doi.org/10.37304/ej.v3i2.4973
Umawaitina, D., Kumaat, R. M., Rori, Y. P. I., Sosial, J., Pertanian, E., Pertanian, F., & Sam, U. (2019). Permintaan Konsumen Terhadap Beras Di Pasar Bersehati Kota Manado. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Pedesaan), 1(1), 103–112.
Wibowo, R. S. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk, Promosi Penjualan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rally Variasi Kedungdoro Surabaya. 5(3), 248–253.
Widijanarko, A. (2022). Analisis Pengaruh Produk dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Kepuasan Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. In Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.14710/jspi.v7i2.151-168
DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v3i1.2564
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |