Pengaruh Pengalaman Pembelian Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Dengan Persepsi Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Rumah Makan Nasi Goreng Ie Leubee Kabupaten Pidie)

Shanti Shanti, Mahrizal Mahrizal, Herizal Herizal

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Pengalaman Pembelian Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Dengan Persepsi Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Rumah Makan Nasi Goreng Ie Leubee Kabupaten Pidie)”. Dimana variabel independen (X) yaitu Pengalaman Pembelian dan Kepercayaan variabel moderating (M) yaitu Persepsi Konsumen dan Minat beli (Y) sebagai variabel dependennya.  Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli Nasi Goreng Ie Leubee Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti Pengalaman pembelian berpengaruh terhadap minat beli positif dan signifikan dengan t-tabel (1,661) yaitu sebesar 0,7,267 dan P-value > 0,00. Kepercayaan berpengaruh terhadap minat beli positif dan signifikan dengan nilai dari t-tabel (1,661) yaitu sebesar 2,380 dan P-value < 0,05 sebesar 0,019. Pengalaman pembelian berpengaruh posistif terhadap persepsi konsumen tetapi tidak signifikan, dengan nilai t-tabel (1,661) yaitu sebesar 0,083. dengan besar dan P-value < 0,05 sebesar 0,934. Kepercayaan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap persepsi konsumen dengan t-tabel (1,661) yaitu sebesar 2,362 dan P-value < 0,05 sebesar 0,020. Persepsi konsumen berpengaruh positi terhadap minat beli  tetapi tidak signifikan dengan nilai t-tabel (1,661) yaitu 0,114 dan P-value < 0,05 sebesar 0,909.

 

Kata Kunci : Pengalaman Pembelian, Kepercayaan, Minat Beli, Persepsi Konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arjuniadi, A., & Jannah, M. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Honda Merek Scoopy Di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Ekobismen, 2(2), 34–48. https://doi.org/10.47647/jeko.v2i2.592

Berlianto, M. P. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan Perkotaan dalam Pembelian Melalui M-commerce. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(2), 78. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i2.347

Dayan, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. Jurnal Transaksi, 12(1), 40–50.

Jafrizal. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 329–340.

Karim, R., Wolok, T., & Lesmana Radji, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online di kalangan mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 5–24.

Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Lucia, R. H., Kawatak, S. Y., & Ogi, I. W. J. (2022). Persepsi Konsumen Terhadap Promosi Kopi Redo Di Instagram. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1), 93–105. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.37188

Made Oktavira Astasari, T. S. (2021). Pengaruh Content Marketing marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen, 13(2), 1–3.

Parhusip, A. A., & Lubis, N. I. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Toko Online Tokopedia). Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 5(2), 77–88. https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i2.748

Pranata, W. C., Sherlly, Vincent, & Fitriano, A. (2021). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Forum Ekonomi, 23(2), 313–339.

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164

Ryansa, M., Widiartanto, & Pradhanawati, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Pemberian Diskon Terhadap Minat Pembelian Ulang Grabfood Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Generasi Z Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(2), 573–581. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Salsabilla, S., Diah, M., & Zahraini. (2022). MINAT BELI SECARA ONLINE PADA SHOPEE ( Studi Kasus : Mahasiswa FISIP Universitas Almuslim ) Staf Pengajar Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Umuslim Email : salsabilasabil27@gmail.com. 1(4), 10–19.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Suhartini, M., Khotimah, K., & Hidayat, R. (2020). Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik- Sehat Tambakrejo Jombang. Agrosaintifika : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 2(2), 131–145. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/agriwarta/article/view/885

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Tapparan, S. R., Justian, J., & Nursita, L. (2021). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Grand Residence Makale Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(2), 261–284. https://doi.org/10.47178/jesit.v2i2.1380

Washil, M. Z. F. A. (2023). PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Mixue Di Kabupaten Jember. Debt To Equity Ratio, Price Earning Ratio, Current Ratio, Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi, 3(1), 43–50. jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB

Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47–61. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.728

Zuhdi, D. A., & Yasya, W. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 261–277. https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14761




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i3.2549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.