PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN, DISCOUNT HARGA DAN STRATEGI LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO CHERRYMART BEUREUNUN

Maulizar Maulizar, Nyak Umar, Ismayli Ismayli

Abstrak


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi pelanggan, discount harga, dan strategi lokasi serta variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Cherrymart Beureunuen.Penelitian ini dilaksanakan di Toko Cherrymart yang terletak di Jalan Raya Medan Banda Aceh, Beureunuen, Kabupaten Pidie.  Populasi penelitian ini adalah konsumen Toko Cherrymart Beureunuen dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Dengan menggunakan rumus unknown population maka diperoleh jumlah sampel penelitian (n) sebanyak 96 orang, namun untuk kepentingan penelitian ini sampel diambil sebanyak 100 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dan prosedur Penelitian Kepustakaan, Penelitian Lapangan, Wawancara, dan Kuesioner. Kuisioner yang digunakan adalah kuisioner tertutup dengan menggunakan skala Likert. Hubungan antara variabel independen dengan dependen dijelaskan dengan model regresi linear berganda :  Ŷ = a + b1X1+ b2X2 + b2X2+ e.  Berdasarkan output SPSS diperoleh model regresi linear berganda dalam bentuk persamaan sebagai berikut:  Y =  0,490 + 0,296 X1+0,226 X2 + 0,350 X3, variabel strategi lokasi (X3) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Cherrymart Beureunuen. Indeks determinasi sebesar 38,4% yang berarti bahwa variasi variabel bebas dapat menjelaskan variabel tidak bebas sebesar 38,4% sedangkan selebihnya yaitu 61,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai Fhitung19,908 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa variabel ekspektasi pelanggan (X1), discount harga (X2) dan strategi lokasi (X3) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Cherrymart Beureunuen. Secara parsial variabel ekspektasi pelanggan diperoleh nilai thitung 3,838 (p<0,05), variabel discount harga bernilai thitung 2,455 (p<0,05), variabel strategi lokasi nilai thitung  4,437 (p<0,05) menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Cherrymart Beureunuen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Rifqi Purwo. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal Vol.2 No.1.

Alma, B. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Almasdi dan J. Suit. 2012. Aspek Sikap Mental Dalam Manajemen Sumber Daya. Manusia. Syiar Media. Jakarta.

Aprilliawan, Irvan Sarjono Arsi. 2016. Analisis Pengaruh Promosi Berupa Potongan Harga terhadap Loyalitas dengan Variabel Moderator Pengalaman Penggunaan Deodoran Merek axe di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga. Surabaya.

Belch, George E. dan Belch, Michael A. 2012. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York: McGraw Hill.

Gujarati, D. 2012. SPSS Versi 16 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hadianto, T. 2010. Pengaruh Lokasi, Pelayanan, dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen studi kasus pada Hypermar Madiun. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Edisi Alfabeta. Bandung.

Isnaini, A. 2013. Model dan Strategi Pemasaran. NTP Press. Makasar.

Jayanti, Niken Anisa, Siti Saroh, dan Daris Zunaida. 2020. Pengaruh Potongan Harga, Voucher Kupon dan Garansi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. JIAGABI Vol.9 No.2, 322-329.

Kasmir. 2013. Pemasaran Jasa. Graya Grafindo Persada. Jakarta.

Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran. Analisa Perencanaan, Implementasi Dan Control. Edisi Kesembilan. Jilid 1 dan jilid 2. Jakarta. Prehalindo.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Terj. Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.

Laksana, F. 2010. Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Levi, D.S. , Philip Kamin Sky dan Edith Simchi Levi. 2014. Designing and Managing The Supply chain : Concept,Strategies And Case Studies. Singapore : Irwin McGraw-Hill.

Maholtra, Naresh K. 2012. Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan. Indeks Kelompok Gramedia. Klaten.

Mc Carthy, E.J. dan W.D. Pereault. 2010. Pemasaran Dasar. Salemba Empat. Jakarta.

Nasution, Aziz. 2014. Pemasaran dan Perilaku Pelanggan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Omar N A, Osman L H, Alam S S, and Sanusi A. 2015. Ecological Conscious Behaviour In Malaysia: The Case Of Environmental Friendly Products. Malaysian Journal of Consumer and Family Economics 18 :17-34.

Pradana, Ahmad dan Retno Yustini Wahyuningdyah. 2019. Analisis Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus, Pajangan dalam Toko dan Suasana Toko Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Hybrid di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan ISSN : 2622-612X Vol. 2 No. 1.

Pratiwi, Astika. 2016. Pengaruh Lokasi, Harga, dan Keberagaman Produk terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Argosari Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Purnama, Putri Maharani. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen Vol.7 No.2.

Putri, D.I, Wahyu Hidayat, dan Reni Shinta Dewi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Mertojoyo Cake Semarang). Undip. Semarang.

Roberts, K. Varki, S. dan Brodie, R. 2013. Measuring The Quality of Relationships in Consumer Service. An Empirical Study.

Rochaety, Ety. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Rusdarti. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang. Jurnal Bisnis Strategi Vol.13.

Saladin. 2013. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Pelaksanaan dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.

Santoso, Singgih. 2012. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Semuel, Hatane. 2016. Ekspektasi Pelanggan dan Aplikasi Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Toko Modern dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No.2, 53-64.

Simamora, B. 2014. Riset Pemasaran. Gramedia Utama. Jakarta.

Sofa, Haida. 2015. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompo Tani di Dusun Gondang Desa Campurejo Kecamatan Treteb Kabupaten Temanggung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujana dan Pandu, Maudrey. 2018. Pengaruh Ekspektasi Konsumen, Nilai Konsumen, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol.6 No.1.

Sundalangi, Marchelyno, Sylvia L.Mandey, dan R.P Jorie. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga terhadap Minat Beli dan Loyalitas Konsumen pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.1, 313-324. ISSN: 2303-1174.

Suranto. 2010. Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi kedua. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Suwarman, U. 2010. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya. Alfabeta. Bandung.

Swasta, B. dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Liberty.

Syahrum, Salim. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Cipta Pustaka. Bandung.

Tahuman, Zainuddin. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan serta Dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.4No.3.

Tangkilisan. 2015. Manajemen Publik. Gramedia Widia. Jakarta.

Tjiptono, Fandi. 2012. Startegi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2011. Metode Riset Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Utami, C.W. 2010. Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta.

Widianti,Nur, Aini Kusniawati, dan Mujaddid Faruk. 2020. Pengaruh Ekspektasi Pelanggan dan Bauran Promosi terhadapLoyalitas Konsumen. Business Management and Entrepreneurship Journal Volme Nomor 2.

Yuliana, Yayuk. 2017. Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif pada Kualitas produk dan Kualitas Pelayanan di Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora Vol.2 No.2.

Zeithaml, V.A., Bery, L.L and Parasuraman, A. 2013. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing Vol. 60, p. 31-46.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i1.1768

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.