SISTEM ATMOSFER WEBSITE TOKO ONLINE, KUALITAS LAYANAN DAN JAMINAN TERHADAP EMOSIONAL KONSUMEN APLIKASI SHOPEE

T Nazarul Fazil, Muhammad Nur, Zulfikar Zulfikar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Sistem Atmosfer Website Toko Online, Kualitas Layanan Dan Jaminan Terhadap emosional konsumen Shopee di Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen yaitu Atmosfer website toko online (X1), Kualitas layanan (X2) dan Jaminan (X3), dan Emosional konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli pada aplikasi Shopee di Kabupaten Pidie. Kemudian digunakan metode Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penilitian ini adalah 100 responden. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 2.070 + 0.315 X1+ 0.231 X2+ 0.416 X3. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel Jaminan (X3), mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 41,6% terhadap Emosional konsumen (Y) Yang membeli pada aplikasi Shopee di Kabupaten Pidie. Pengaruh antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Atmosfer website toko online (X1), Kualitas layanan (X2) dan Jaminan (X3) terhadap Emosional konsumen (Y) Yang membeli pada aplikasi Shopee di Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 92,1% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.

 

Kata kunci : Atmosfer website, Kualitas layanan, Jaminan, Emosional konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfi Syahri, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam . Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam. Journal of Business Administration Vol 1, No 2, September 2017, hlm. 232-243. e-ISSN:2548-9909.

Eddy Poernomo, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Faktor Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel The Sun Sidoarjo. Prodi Administrasi Bisnis FISIP-UPNV Jawa Timur,n Jurnal Bisnis Indonesia Vol. 8 No. 1 April 2017 73.

Erna Ferrinadewi, 2021. Pengaruh Faktor Emosi Dalam Perilaku Pembelian Suplemen Kesehatan Selama Masa Pandemi. Universitas Widya Kartika. e-Jurnal Kewirausahaan Volume 4 Nomor 2 Oktober 2021.

Febriwanti Ampangallo, 2020. Pengaruh Atmosfer, Desain Layout, Gairah Emosional Dan Sikap Konsumen Toko Online Terhadap Minat Beli. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Ferawati, 2018. Pengaruh Jaminan, Empati Dan Kehandalan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada KPR Bank BJB Cabang Bogor. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 6 No.1, 2018 pg. 037 – 044 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7860.

Gregor Polancik, 2017, Empirical Research Method Poster. Jakarta.

Handy Surya, 2018. Pengaruh Atmosfer Toko, Kesesuaian Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Temday Store Denpasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 6, 2018: 2887-2912.

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Irfan Maulana & Susi Evanit, 2019. Pengaruh Tata Ruang dan Atmosfer Website Toko Online Terhadap Emosional Konsumen Toko Online Blibli.com Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Volume 01 Nomor 01 2019.

Kusuma R W., dan Suwitho, 2017, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 12)

Nasution Affandy Satria Mirsya, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 2021, hal 142- 155 ISSN 2714-8785.

Ratnasari Tri Ririn, Mastuti H Aksa. 2017 . Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit: Ghalia Indonesi.

Rivai, Veithzal. Ramly. Mutis. Arafah. 2015. “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2019. Menguasai statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT. Elexmedia. Komputindo.

Sri Suprapti, 2018. Pengaruh Atmosfer Toko Dan Daya Tarik Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang (Di Matahari Mall Bali Galeria Kuta) I Putu Gede Manik Kartika Yudha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.7 (2018):1803-18341803.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujianto, 2017. Aplikasi Statistik dengan SPSS Untuk Pemula,. Jakarta: Prestasi.

Supramono, 2018. Perpajakan Indonesia Mekanisme &. Perhitungan. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i1.1755

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.