Header Halaman

  • FOCUS AND SCOPE
  • AUTHOR GUIDELINES
  • PUBLICATION ETHICS
  • OPEN ACCESS POLICY
  • PEER REVIEW PROCESS
  • ONLINE SUBMISSION
  • COPYRIGHT NOTICE
  • CONTACT US
Whatsapp WhatsApp Mendeley Mendeley
Turnitin Turnitin
Grammarly
TEMPLATE JOURNAL
Template Journal
Tentang Penulis

RAUZATUL JANNAH
Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur

Ismayli Ismayli
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jabal Ghafur
Indonesia

Fakhrurrazi Fakhrurrazi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jabal Ghafur
Indonesia

Pengguna
Isi Jurnal

Telusuri
  • Berdasarkan Terbitan
  • Berdasarkan Penulis
  • Berdasarkan Judul
  • Jurnal Lain
Informasi
  • Untuk Pembaca
  • Untuk Penulis
  • Untuk Pustakawan

Flag Counter

 
  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Login
  • Daftar
  • Cari
  • Terkini
  • Arsip
  • Informasi
  • Editorial Team
  • Board of Reviewers
Beranda > Vol 1, No 2 (2023) > JANNAH

PERANAN FREE PICK UP SERVICE DAN CASH ON DELIVERY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN DI JNE

RAUZATUL JANNAH, Ismayli Ismayli, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Free pick up service dan Cash on delivery Terhadap Kepuasan pelanggan yang menggunakan pengguna jasa pengiriman di JNE Sigli Kabupaten Pidie. Dimana variabel independen yaitu Free pick up service (X1) dan Cash on delivery (X2) dan Kepuasan Konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Pada penelitian ini, penulis menjadikan populasi adalah masyarakat yang menggunakan jasa pengiriman di JNE Sigli Kabupaten Pidie. Sampel dalam penelitian ini adalah 78 responden menggunakan metode Slovin. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 2.523 + 0, 624 X1+ 0,265 X2. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel free pick up service (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 26,5% terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan pengguna jasa pengiriman di JNE Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Free pick up service (X1) dan cash on delivery (X2) terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan pengguna jasa pengiriman di JNE Sigli Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 87,3% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.

                                    

Kata kunci : Free pick up service, Cash on Delivery, Kepuasan Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Irawan Setiyanto. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention. Jurnal Akutansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol.5, No.1, 105-110.

Amaroh U’un Setiawan, 2021. Pengaruh harga, e-wom, dan sistem pembayaran cash on delivery terhadap keputusan Pembelian di shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Solo Raya). SKRIPSI Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Halaweh. (2018). Cash on Delivery ( COD ) as an Alternative Payment Method for Ecommerce Transactions : Analysis and Implications:. Sociotechnology and Knowledge Development. Vol: 10(4).

Halisa, Nur, 2022. Pengaruh Online Customer Review Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi LazadA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

Husein, Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Meldi Manuhutu, 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah. Politeknik Negeri Ambon l Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 7 No.1 Juli 2021 Hal. 17 – 24.

Santoso, Singgih. 2017. Menguasai Statistik Dengan SPSS 24. Jakarta: PT Alex. Media Komputindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,

Tangkary, dkk. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention pada agent outbound call PT infomedia nusantara menggunakan metode structural equation modelling. Jurnal rekayasa sipil, Vol 8, no.2.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Zahrani Marichs, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 26(01), 105 - 122. https://doi.org/10.36406/jemi.v26i01.2017.

Yona Elmiyanti, 2018. Analisis pengaruh pick up service terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bprs ampek angke Candung. SKRIPSI. Program Studi S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri(IAIN)Bukittinggi.




DOI: https://doi.org/10.47647/mafebis.v1i2.1752

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by:

Centered Image
    Centered Image      

Crossref logo     Centered Image