PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DAN STRATEGI INOVASI UNTUK MENINGKATKAN OMSET PEMASARAN UMKM YANG EFEKTIF
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan teknologi digital dan strategi inovasi dalam meningkatkan omset pemasaran UMKM di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan, studi ini menganalisis bagaimana transformasi digital merubah lanskap pemasaran UMKM serta bagaimana strategi inovasi dapat disinergikan untuk menciptakan model pemasaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi teknologi digital seperti e-commerce, media sosial, dan pembayaran digital memiliki dampak positif terhadap perluasan jangkauan pasar dan peningkatan transaksi. Sementara itu, inovasi model bisnis, diferensiasi produk, customer engagement, dan kolaborasi ekosistem terbukti menjadi strategi inovatif yang efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM. Model integratif yang dikembangkan menawarkan kerangka implementasi bertahap yang menyelaraskan teknologi digital dengan strategi inovasi, mulai dari fase pengenalan hingga transformasi. Meskipun demikian, keterbatasan sumber daya, kapabilitas digital, dan resistensi terhadap perubahan masih menjadi tantangan utama yang dihadapi UMKM. Diperlukan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan untuk menciptakan ekosistem pendukung dan program peningkatan kapasitas digital yang berkelanjutan, sehingga UMKM dapat memanfaatkan potensi penuh dari teknologi digital dan strategi inovasi dalam meningkatkan omset pemasaran mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfarizi, M. (2023). Determinasi Adopsi Ekonomi Sirkular, Model Bisnis Inovatif Dan Dukungan Anggaran Negara: Investigasi Umkm Indonesia Berbasis Pls-Sem. Jurnal BPPK: Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 16(1), 37–56. https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v16i1.777
Apriani, T. (2020). Strategi Pemberdayaan Ekonomi UMKM Sebagai Dampak dari Akselerasi Transformasi Digital Menuju Era 5 . 0. 81–86.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Atina, V. Z., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing pada Pelaku UMKM dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan. 1–6.
Barus, D. R., Natanael Simamora, H., Glora Surya Sihombing, M., Panjaitan, J., & Susana Saragih, L. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(6), 357–365. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2958
Dewi, K. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Digital pada Aplikasi TikTok Studi Kasus Akun TikTok @zaaferindonesia. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 507–514. https://doi.org/10.54082/jupin.189
Elvlyn, E., & Marhaen, D. (2022). Pengaruh Undang-Undang Cipta Kerja Terhadap Digitalisasi UMKM Di Tengah Pandemi. Justisi, 8(2), 82–94. https://doi.org/10.33506/js.v8i2.1707
Eman Sulaiman, Cucu Handayani, & Susi Widyastuti. (2021). Transformasi Digital Technology-Organization-Environment (Toe) Dan Inovasi Difusi E-Business Untuk Umkm Yang Berkelanjutan: Model Konseptual. Jurnal Manajemen {&} Bisnis Kreatif, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1947
Godwin, G., Raihana, S., Junaedi, P., & Hardini, M. (2024). Inovasi Bisnis Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Teknologi dan Adaptasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin (ABDI Jurnal), 5(2), 41–47.
Hawa, S. D., Raharja, M. C., & Rianto, S. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Batik Banyumas Melalui Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 4(1), 40–44.
Islamic, F. A., & Mikrad, M. (2023). Penggunaan Fintech Pelaku Umkm Di Kuliner Pasar Lama Tangerang. Dynamic Management Journal, 7(3), 510–526.
Nursyafa, A., & Hernawati, R. (2022). Strategi Customer Engagement pada Bisnis UMKM Studi Kasus pada In Out Coffee, Cakung. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2), 657–663.
Ompusunggu, D. P., & Triani, Y. (2023). Transformasi Teknologi E-Commerce Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Kota Palangka Raya: Faktor Pendorong Dan Penghambat Adopsi. Jurnal Bintang Manajemen, 1(2), 114–122.
Pratiwi, A. A., Selasi, D., & Suharto, T. H. (2025). Pendampingan Digitalisasi UMKM , Branding dan Manajemen Laporan Keuangan Desa Sukarendah. 6(1), 1–8.
Rudi, M., & Pratama, S. (2025). Transformasi Digital UMKM Sebagai Kunci Sukses di Pasar Internasional. 3.
Saputri, S. A., Berliana, I., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199
Sirodjudin, M., & Sudarmiatin. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 20–35.
Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., Mega, & Silvia. (2022). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM SHIBIRU. Jurnal Dinamika Manajemen, 14(1), 111–123. http://jdm.unnes.ac.id
Sukoco, H., & Aldila Krisnaresanti. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Adaptasi Strategi Pemasaran Umkm Saat Pandemi Covid-19: Tinjauan Literatur. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.59066/jmae.v3i1.665
Vera Maria, Ahmad Fauzan Aziz, & Depi Rahmawati. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM Lokal melalui Strategi Pemasaran Digital di Era Digital. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 208–220. https://doi.org/10.55606/optimal.v4i2.3471
Wono, H. Y., Supriaddin, N., Amin, F., Indriastuti, Y., Sufa, S. A., Surabaya, U. C., Tinggi, S., Ekonomi, I., Enam, E., Kendari, U. M., Digital, L., Bisnis, I., & Strategi, M. (2020). Media Sosial , Literasi Digital , Dan Inovasi Bisnis. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 77–86.
Zahra, N. A., Putri, A., Kamilah, I., & Kuslaila, N. R. (2023). Analisis Pengukuran Faktor Adopsi Teknologi E-Commerce Pada Pelaku Umkm Menggunakan Framework Toe. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.558





