PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWOUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Zulfa Razi

Abstract

Model pembelajarankooperatiftipeThe Power Of Two merupakansalahsatu model pembelajaran dalam matematika. Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penerapan model pembelajarankooperatiftipeThe Power Of Two memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran matematika. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two ini diharapkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTsS Al-furqan, ini mengangkat masalah “Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa MTsS Al-furqan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two?’’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa MTsS Al-furqan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Al-furqan yang terdiri atas Tiga kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposif sampling, Maka terpilih kelas VIIIa sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Karena kedua kelas tersebut memiliki kemampuan matematika yang hampir sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yang terdiri dari tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic uji-t satu pihak ( pihak kanan ), karena data yang distribusikan mengikuti distribusi normal. Dari hasilanalisis data diperolehthitung>ttabelyaitu 3,36> 1,684 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut, makaH_adapat diterima yaitu terdapat peningkatan hasil belajar Siswa MTsS Al-furqan Bambi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two.
Kata kunci :Model PembelajaranKooperatifTipeThe Power Of Two danhasilbelajarsiswa.

References

Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Henderson. 2010. Model PembelajaranMenciptakan Proses BelajarMengajar yang KreatifdanEfektif. Jakarta: BumiAksara.

Isjoni. 2010. Cooperatif Learning : Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Margono S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munthe dan Aryani. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Ramadhan. 2011. Strategi Belajar Kekuatan Berdua (The Power Of Two) dalam Pembelajaran Matematika, Skripsi, (website) http://tarmizi.wordpress.com/2009/02/09/strategi-belajar-kekuatan-berdua (the-power-of-two), diakses tanggal 15 Februari 2017.

Rusman. 2012. Model-Model pembelajaran: Pengembangan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.

Septin, 2011. Pengaruh Model Pembelajaran The Power of Two terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, Skripsi, (Indramayu: FKIP Universitas Wiralodra, 2011).

Silberman. 2010. Active Learning 101 StrategiPembelajaranAktif [Terj. RaisulMuttaqien]. Bandung: Nusamedia.

Sudjana. 2010. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Surachman. 2010. Dasar–Dasar Belajar. Medan: Media Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahid. 2013. The Power of Two, (website) http://strategi-belajar-mengajar-html, hal. 10.