PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STRATEGI LOKASI TERHADAP IMPULSE BUYING PADA SWALAYAN ALFAMART KOTA BAKTI KABUPATEN PIDIE

Nyak Umar, Ismawati Ismawati

Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh Price Discount dan Strategi Lokasi terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan strategi lokasi serta variabel dominan yang berpengaruh terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilakukan di Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie yang berlokasi di Pasar Kota Bakti, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie. Sampel diambil sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Dalam menjelaskan hubungan antara variabel independen dengan dependen, model yang digunakan adalah model regresi berganda, yang dapat dinyatakan sebagai berikut :  ? = a + b1X1+ b2X2 + e. Berdasarkan output SPSS diperoleh model regresi berganda dalam bentuk persamaan sebagai berikut: Y = 2.024 + 0.339X1+ 0.174X2, dimana Variabel Discount Price (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti. Hubungan antara variabel Discount Price (X1) dan Strategi Lokasi (X2) terhadap Impulse Buying (Y) pada Swalayan Alfamart Kota Bakti diperoleh nilai indeks korelasi sebesar 62.8% yang menunjukkan adanya hubungan kuat.Indeks determinasi masing-masing variabel Discount Price (X1) dan Strategi Lokasi (X2) terhadap variabel Impulse Buying (Y) diperoleh sebesar 39.5% yang berarti bahwa varisi variabel bebas dapat menjelaskan variabel tidak bebas sebesar 39.5% sedangkan selebihnya yaitu 60.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Variabel Discount Price (X1) dan Strategi Lokasi (X2) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti.  Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung30.336 > Ftabel3.094.Variabel Discount Price (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti karena nilai thitung 5.780 > ttabel 1.986.Variabel Strategi Lokasi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti.  Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung 3.007 > ttabel 1.986.

Kata Kunci

Price Discount, Strategi Lokasi, Impulse Buying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alma, B. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Arifianti, Ria. 2011. Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Impulse Buying (Survey Pada Supermarket Di Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol 9 No 17 1-75.

Belch, George E. dan Belch, Michael A. 2012. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York: McGraw Hill.

Cahyorini, A. dan Rusfian, E.Z. 2011. The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, Vol. 18 No. 1, hlm. 11-21.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Multivariate dengan program SPSS edisi ketujuh. Badan Penerbit. Semarang.

Gross, D. 2010. Fundamentals Of Queueing Theory. John Willey and Sons. New York.

Isnaini, A. 2013. Model dan Strategi Pemasaran. NTP Press. Makasar.

Iqbal, Mohammad, 2011, Analisis Kinerja Sistem Pendekatan Teori dan Praktek, Penerbit Gunadarma, Depok.

Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Terj. Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.

Levi, D.S. , Philip Kamin Sky dan Edith Simchi Levi. 2014. Designing and Managing The Supply chain : Concept,Strategies And Case Studies. Singapore : Irwin McGraw-Hill.

Ma’ruf, Hendry. 2016. Pemasaran Ritel. Gramedia. Jakarta.

Mc Carthy, E.J. dan W. D. Pereault. 2010. Pemasaran Dasar. Salemba Empat. Jakarta.

Mowen dan Minor. 2010. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.

Park, Chung-Hoon, and Young-Gul Kim. 2015. “The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts”. Journal of Electronic Commerce in Organizations, Vol. 4, No. 1, Page 70 – 90.

Pradhana, I.P.D. dan D. A. Martini. 2018. Pengaruh Personal Selling, Price Discount dan Bonus Pack Program Terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Produk Oriflame pada PT. Orindo Alam Ayu di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 3, No.1. ISSN: 2528-2077.

Prihastama, Brian. 2016. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachma Nurmasarie dan S. Setyo Iriani. 2013. Pengaruh Promosi Penjualan dan Penjualan Perseorangan terhadap Keputusan Belanja Tidak Terencana. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2.

Rook, D dan Fisher, J.R. 2013. Normative Influences on Impulsive Buying Behaviour”, Journal of Consumer Research, Vol. 22 (3), pp. 305-313.

Saladin. 2013. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Pelaksanaan dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.

Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L., 2012. Purchasing Behavior. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sunyoto, Danang. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit CAPS. Yogyakarta.

Sutabri, Tata. 2012. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi kedua. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Suwarman, U. 2010. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya. Alfabeta. Bandung.

Syahrum, Salim. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Cipta Pustaka. Bandung.

Tjiptono, Fandi. 2012. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Utami, C.W. 2010. Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta.

Verplanken, B., Herabadi, A.G., Perry, J.A. and Silvera, D.H. 2011.Consumer style and health: the role of impulsive buying in unhealthy eating. Psychology and Health, Vol. 20, pp. 429-41.

Walukow, A.L., L. Mananeke, dan J. Sepang. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA Vol. 2 No.3. ISSN 2303-1174.

Wathani, Fikrah. 2012. Perbedaan Kecenderungan Pembelian Impulsif Produk Pakaian Ditinjau dari Peran Gender. Skripsi Strata I Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara.