PENGARUH FREKUENSI IKLAN TELEVISI DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP MINAT BELI AIR MINUM ISI ULANG AQUA DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Ismayli, Cut Italiana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Frekuensi Iklan Televisi dan Keunggulan Bersaing terhadap Minat Beli Air Minum Isi Ulang Aqua di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Sampel dalam penelitian ini 100 orang konsumen di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, data dikumpulkan melalui pengajuan kuesioner, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,769 atau 76,9% yang bermakna bahwa, ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel frekuensi iklan televisi (X1) dan Keunggulan bersaing (X2)  mempunyai hubungan dengan variabel minat beli. Semakin tinggi nilai koefisien yang diperoleh maka semakin tinggi hubungan antar variabel tersebut.

Nilai   koefisien diterminai (R2) bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Nilai koefisien diterminasi diperoleh  sebesar 71,6% antara  frekuensi iklan televisi (X1) dan keunggulan bersaing (X2)  mempunyai pengaruh nyata terhadap minat beli. Dengan kata lain variabel frekuensi iklan televisi dan keunggulan bersaing    berpengaruh secara signifikan sebesar 71,6% terhadap tingkat minat beli beli produk air minum isi ulang Aqua di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya   sedangkan selebihnya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan ini.

Uji hipotesis terbukti  bahwa  T-hitung > T-tabel.  Ini berarti naik turunnya minat beli  dipengaruhi secara nyata oleh variabel frekuensi iklan televisi dan keunggulan besaing. Uji-F (uji simultan) adalah menguji kebersamaan variabel bebas dengan variabel terikat secara keseluruhan. Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung = 138.049, sedangkan Ftabel = 3,14 pada tingkat signifikan 5%, hal ini memperlihatkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan demikian keputusan yang diambil dalam penelitian ini adalah  ada pengaruh yang signifikan secara bersamaan antara variabel X1 dan X2 dengan Y. Sehingga dalam penelitian ini diambil keputusan bahwa menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis Ho. Hipotesis yang telah ditetapkan dapat di terima yaitu  frekuensi iklan televisi dan keunggulan bersaing  secara siginifikan berpengaruh terhadap minat beli air minum isi ulang Aqua.

 

Kata Kunci: Frekuensi Iklan Televisi, Keunggulan Bersaing dan Minat Beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suhaisimi, 2011. Prosedur Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Jakarta, Rineka Cipta.

Buchari, A, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, Alfabeta.

Kasali. 2010. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Kasmir, 2010, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta, Rineka Cipta.

Kotler, Philip 2011. Analisis Pemasaran Suatu Pengendalian, Jakarta, Erlangga.

Liana, 2009. Manajemen Perusahaan, Jakarta: Gramedia Grafika

Lupiyoadi, 2012, Sistem pemasaran Terpadu, Edisi II, Jakarta, Erlangga.

Thamrin, 2011. Dasar dasar Pemasaran. Jakarta: Pustaka Nasional

Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Modern, Yogyakarta, Andi Offset.

Sudjana, 2011. Metode Statistik, Jakarta, Erlangga.

Supranto, 200611, Pengukuran tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta, Rineka Cipta.

Schiffman, 2011. Manajemen Pemasaran Modern, Jakarta: Rineka Cipta.