PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI-MIA2 POKOK BAHASAN DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PADA SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG

Lilis, Suryani

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong selama tiga bulan sejak bulan Februari sampai April 2019 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-MIA2 pokok bahasan dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui penerapan metode problem solving pada SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa-siswiKelas XI-MIA2 SMA Negeri 1 kembang Tanjong tahu pelajaran 2018/2019 sebanyak 21 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebesar 61,9% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,5% dengan nilai rata-rata kelas 78,1. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasa belajar yang hanya mencapai 42,9% dan nilai rata-rata adalah 61,4. Dengan demikian, melalui penerapan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-MIA2 pada pokok bahasan dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia pada SMA Negeri 1 Kembang Tanjong

 

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Problem Solving, Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Anas, Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aqib Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2008. Pendekatan Belajar Pendidikan Lingkungan. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Usman, Unzir. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Winkel, WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.