PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Taufiq, Junaidi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran matematika melalui model konstruktivisme tipe novick dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada SMP Negeri 2 Sakti. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie sekitar 86 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling sehingga terpilih sebanyak dua kelas yang berjumlah 44 siswa. Metode penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan menggunakan analisis perbedaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan statistik dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa  pembelajaran matematika melalui model konstruktivsme tipe novick dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 2 Sakti pada materi pola bilangan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat model konstruktivisme tipe novick lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Model Konstruktivisme Tipe Novick, Kemampuan Penalaran Matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abimanyu, Soli. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral.

Arkundato. 2007. Pembaharuan dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka

Bambang Riyanto. 2015. Pengaruh Penalaran terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Chemistry in Education, ISSN NO 2250.

Ernest. 2001. Pengaruh Pengetahaun Subjektif Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hapsari. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Karfi. 2002. Perencanaan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.

Lapono. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ma’sum. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Muslich. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta : Bumi Aksara.

Nur Chasanah. 2015. Pengaruh Peningkatan Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Chemistry in Education, ISSN NO 3320.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya, Wina. 2011. Pembelajaran dalam implementasi KBK, Jakarta : Prenada Media Group.

Setiadi. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana.

Sumarni. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Berpendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah. Jurnal Chemistry in Education, ISSN NO 2252-6609. Diunduh pada 20 April 2019 dari http:/ / journal.unnes.ac.id/ sju/ index.php/ chemined.

Sumarmo. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematika. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Suratno. 2008. Macam-macam Sumber Belajar . Jakarta : Gramedia Pustaka.

Thobroni. 2015. Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.