Penerapan Dan Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Di Sdn Kerpangan I

Ani Anjarwati, Afifa Afifa, Ilmia Ilmia, Desvita Sania Putri, Muhammad Sulthan Bayu

Abstrak


Penelitian ini dilakukan di SDN Kerpangan  yang terletak di Desa Kerpangan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Penelitian dilakukan untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Peneliti memperoleh hasil bahwa nilai peserta didik sangat rendah dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPA pada materi SEPEDA (sistem peredaran darah) pada manusia. Ini terjadi karena proses belajar yang kurang efektif, aktif, kreatif, serta inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaaktifan di siswa kelas V di SDN Kerpangan I yang berjumlah 22 siswa. Perbandingan hasil nilai prestest sebelum menggunakan alat peraga dengan hasil nilai postest menggunakan alat peraga sangat berbeda. Pembelajaran dengan menggunakan media alat peraga membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang berjumlah 19 orang mencapai di atas KKM (≥70). Berdasarkan hasil perhitungan oleh peneliti didapatkan hasil sebesar 3,17 dan Sig. > a = 0.05. Sehingga dapat dipastikan bahwa alat peraga dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Blumenfeld, P.C; Soloway, E.; Marx, R.; Krajcik, J. S.; Guzdial, M.; Palincsar, A. . (1991). Blumenfeld et al_Motivating_project_based_learning.pdf. In Educationl Psychologist (Vol. 26, pp. 369–398).

FAJAR, N. (2016). Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Rambatan. Ta’dib, 19(2), 103. https://doi.org/10.31958/jt.v19i2.466

Hartanti, S. S., & Hidayah, F. F. (2019). Analisis Perilaku Siswa Terhadap Pembelajaran Kimia Pada Jam Pelajaran Ke-7 Dan Ke-8. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019, 458–466.

Seh, A., Pramana Situmorang, R., & Pudji Hastuti, S. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Smp Kristen 4 Salatiga. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 116. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2044

Seprianty, S. (2018). Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Karang Tinggi. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.128-134




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: