MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Vivin Handayani, siti fatimah, Firli Maulidiana, Afriliya Nadia Putri Nasution, Ani Anjarwati

Abstrak


Pengembangan pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) perlu ditingkatkan baik dari segi perencanaan, penggunaan metode, alat peraga maupun kapasitas guru untuk mengembangkan semua kurikulum dan pengetahuan praktis IPA. Hal ini berguna untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi perkembangan zaman ekonomi global, pendidikan harus mampu mempersiapkan manusia yang mampu bersaing dalam kemajuan teknologi dan peningkatan ilmu pengetahuan. Tujuan riset berikut ialah untuk memakai metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Sukoharjo Kota Probolinggo. Metodologi yang digunakan dalam riset berikut ialah kuantitatif. Hasil tes pemahaman menunjukkan bahwa hanya 13 peserta didik atau 46 persen dari total 28 peserta didik di kelas IV yang lulus, sedangkan 15 peserta didik dengan persentase 53 persen tidak mengetahui silabus dengan baik. Ketika lebih dari 5 peserta didik gagal mengoreksi bahan ajar dalam ujian. Sebanyak 23 mahasiswa bisa lulus dengan tingkat keberhasilan 82%. Riset telah menunjukkan bahwa dalam pendidikan tradisional, pembelajaran peserta didik meningkat setelah ujian di ruang kontrol, tetapi pertumbuhan pengetahuan lebih rendah daripada di kelas jigsaw.

 

Kata kunci: Ilmu Pengetahuan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isjoni. (2019). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta. Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mingseli. 2021. Model Pembelajaran Jigsaw: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ciriciri, Karakteristik, Langkah, Kelebihan dan Kekurangan.

Rusman. (2018). Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stalin. (2012). Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Manajemen Proyek Di Smk Negeri 6 Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Thabroni, Gamal. 2021. Model Pembelajaran Jigsaw: Cooperative Learning yang Inovatif. https://serupa.id/model-pembelajaran-jigsaw/. Diakses pada tanggal 4 November 2022 pukul 09.00




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.929

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: