IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER PADA MATERI GERAK LURUS

Sony Yunior Erlangga, Susanti Susanti

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kuantitas Peserta didik yang miskonsepsi pada materi Gerak Lurus. Subjek penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas X MIA 1 SMA SahabatQu yogyakarta dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data diantaranya dokumentasi hasil tes, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah three tier-test. Hasil urutan miskonsepsi yang paling banyak terjadi secara berturut-turut ditemukan pada, Gerak vertikal (26%), kelajuan dan kecepatan (18%), GLB (17%), Jarak dan perpindahan  (16%), dan GLBB (15%). Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan hal yang sama.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Busyairi, A., & Zuhdi, M. (2020). Profil Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Ditinjau Dari Berbagai Representasi Pada Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 90. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1683

Erlangga, S. Y., Jumadi, Nadhiroh, N., & Wingsih, P. H. (2021). The Effective of Using Worksheet with the Problem-Based Learning (PBL) Through Google Classrooms to Improve Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 427–433. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061

Erlangga, S. Y., & Saputro, H. (2018). Mini Roller Coaster ( Miroco ) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik Mini Roller Coaster ( Miroco ) as a Media to Calculate the Terms of Acceleration of Mechanical Energy. 2(2), 29–33.

Gina Puri Utari. (2020). PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN SIX-TIER ASTRONOMY DIAGNOSTIC TEST (STADT) UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA Universitas Pendidikan Indonesia | respository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 99–102.

Hasyim, W., Suwono, H., & Susilo, H. (2018). Three-tier Test to Identify Students’ Misconception of Human Reproduction System. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 48–54. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK/article/view/3975%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Lumbantoruan, J. H., & Male, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Pada Soal Cerita Teori Peluang Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal EduMatSains, 4(2), 153–168.

Ma’rifa, M., Kamaluddin, H., & Fihrin, H. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 1. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i3.6060

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818

Pine, K., Messer, D., & John, K. S. (2016). Research in Science and Technological Education Children ’ s Misconceptions in Primary Science : A Survey of teachers ’ views. Science, 5143(March 2012), 37–41. https://doi.org/10.1080/0263514012004624

Wiyono, F. M., Sugiyanto, S., & Yulianti, E. (2016). Identifikasi Hasil Analisis Miskonsepsi Gerak Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier Pada Siswa Smp. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 61. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p61-69

Yolanda, Y. (2017). Remediasi Miskonsepsi Kinematika Gerak Lurus dengan Pendekatan STAD. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.76




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: