PENGUNAAN TEKS DESKRIPSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAAN MENULIS SISWA (Studi Penelitian Eksperimental di Bimbingan Belajar Fast Learning Center Banda Aceh)

Andrian Andrian

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teks deskriptif, yang difokuskan pada teks deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes dan wawancara. Subjek utama penelitian ini adalah 23 siswa kelas Intermediate di Bimbingan Belajar Fast Learning Center. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 15 Oktober 2021. Data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes dan data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan guru bahasa Inggris. Setelah dilakukan analisis data, nilai pretes terendah 20 dan skor tertinggi 40. Selain itu, skor postes terendah 60 dan skor tertinggi 80. Hal ini menunjukkan peningkatan siswa setelah diajar dengan menggunakan teks deskriptif. , data tersebut mengungkapkan bahwa Ho ditolak karena Zhitung 112,71 lebih tinggi dari Ztabel 1,67. Hasil wawancara guru bahwa guru memberikan respon positif terkait dengan pertanyaanpertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Terdiri dari 5 (lima) pertanyaan berdasarkan teks deskriptif. Namun dalam mengajarkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teks deskriptif dapat mencapai peningkatan siswa terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan teks deskriptif siswa kelas Intermediate di Bimbingan Belajar Fast Learning Center.

Kata Kunci: Teks Deskriptif, Peningkatan, Penulisan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ary. J. (2010). Introduction to Research in Education. USA: Wadsworth.

Ary. J. (1997). Introduction to Research in Education. New York: Holt Rinehart.

Bima, dkk. (2009). Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris. Klaten. Pt: Intan Pariwara.

Brown. (2001). Teaching by principles an interactive approach to language pedagogy 2nd edition. New York: Addison-Wesley logman.

Brinton, S, and Wesche. ( 1989). Content-Based Second Language Instruction. New York: Newbury House.

Burns, A. (1999). Collaborative Experiment Research for English

Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Buscemi, (1990). A Reader for Developing Writers. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Byrne, D. (1994). Teaching Writing Ability. London. Harlow, Essex: Longman.

Fauziati. (2009). Handbook for Language Teacher and Researcher. Penerbit Era Pustaka Utama.

Heaton. (1975). Writing English Language Test. London: Logman.

Hammer, J. (2000). Teaching English as Foreign Language. Cambridge:

Cambridge University Press.

Harmer. (1998). How to Teach English. English: Longman.

______. (2004). How to Teach Writing. English: Longman.

Hasan, B. (2009), Lebih dekat dengan Statistic. Penerbit Pustaka Ramadhan.

Mc.Mahan, E. (1996). Literature and Writing Process. New Jersey: Prentice Hall.

Kane. (2000). The Oxford Essential Guide to Writing. New York: Barkley books.

Oshima, A, and Ann, H. (1997). Writing Academic English. New York: Addison-Wesley Publishing Company 37

Oshima, (1991). Introduction to Academic writing 2nd edition.USA: Addison-Wesley Publishing Company.

______.(1991). Definition of Academic Writing. New York: Addison Wesley Publishing Company.

Sutrisno. (1965). Methodology Research. Penerbit ANDY OFFSET Yogyakarta.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.522

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: