Implementasi Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Pidie
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, implementasi pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa Negeri Pidie. Penelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif dengan menggunakan metode survey, instrument penelitian berupa angket implementasi pendidikan jasmani adaptif. Dengan validitas sebebsar 0,885 dan reabilitas 0,959. Subjek penelitian empat guru pendidikan jasmani, kepala sekolah, wakil kurikulum di sekolah luar biasa Negeri Pidie. Teknik analisis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian tersebut diketahui implementasi pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Luar Biasa Negeri Pidie yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 16,6%, kategori baik 16,67, kategori cukup baiksebesar 16,67&, kategori kurang baikdengan persentase 50% dan kategori tidak baik 0%.
kata kunci: Implentasi, Pendidikan, Adaptif
Referensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Auxter, D., Pyfer, J., & Huettig, C. (2010). Principles and Methods of Adapted Physical Education and Recreation (11th ed.). New York: McGraw-Hill
Block, M. E. (2007). A Teacher's Guide to Including Students with Disabilities in General Physical Education (3rd ed.). Baltimore: Paul H. Brookes.
Craft, D. H. (1990). Handbook on Physical Education for the Handicapped. Rockville: Aspen Publishers.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Gargiulo, R. M., & Metcalf, D. J. (2013). Teaching in Today's Inclusive Classrooms: A Universal Design for Learning Approach (2nd ed.). Belmont, CA: Cengage Learning.
Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional Learners: Introduction to Special Education (10th ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Lieberman, L. J., & Houston-Wilson, C. (2018). Strategies for Inclusion: A Handbook for Physical Educators (3rd ed.). Champaign, IL: Human Kinetics.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Boston: Pearson.
Sekaran, U. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Sherrill, C. (2004). Adapted Physical Activity, Recreation and Sport: Crossdisciplinary and Lifespan (6th ed.). Boston: McGraw-Hill.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Somantri, M. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 15). Bandung: Alfabeta.
Winnick, J. P., & Porretta, D. L. (2017). Adapted Physical Education and Sport (6th ed.). Champaign, IL: Human Kinetics.
Yatim, S. (2007). Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yunus, M. (2015). Pendidikan Inklusif dan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.3038
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: