FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG EFEKTIF PADA SMA SWASTA PANCABUDI

Dr. Syafriadi M.M ., Normina Purba, M.Pd .

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif.  Metode penulisan menggunakan metode library research.  Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada dua jenis teori belajar yang banyak memengaruhi teori belajar selanjutnya, yaitu teori behaviorisme dan kognitivisme. Berdasarkan kedua teori ini kegiatan belajar bahasa bisa suskes (berhasil) jika dilakukan dengan pengalaman yang disertai stimulus sehingga menghasilkan respon sekaligus diberi penguatan (penghargaan). Pernghargaan yang dimaksud tidak harus berwujud benda. Sedangkan berdasarkan teori kognitivisme, manusia belajar dengan sendirinya karena melihat dan mendengar. Oleh karena itu, kegiatan belajar bahasa harus lebih banyak  memberikan contoh sekaligus aplikasi (penerapan) langsung oleh siswa. Ada empat aspek keterampilan berbahasa yang menjadi acuan pembelajaran bahasa di sekolah yaitu keterampilan menyimak (mendengar), keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampiln Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh (YA3) Malang.

Dimyati; Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Parera, Jos Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesa: landas pikir landas teori.Jakarta: Grasindo.

Selameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tarigan, Djago; H.G. Tarigan. (tanpa tahun). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i2.2996

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: