PENGARUH PENGGUNAAN TEKS EKSPLANASI TERHADAP MOTIVASI DAN PENCAPAIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA

Muhammad Dahlan

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan teks eksplanasi terhadap motivasi dan pencapaian siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksperimental dengan desain pre-test post-test kontrol kelompok. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok siswa SMA, yaitu kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan penggunaan teks eksplanasi, dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui instrumen pengukuran motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik seperti uji-t dan analisis perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal motivasi belajar dan pencapaian akademis. Penggunaan teks eksplanasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA memiliki dampak positif terhadap motivasi siswa, meningkatkan minat mereka terhadap pembelajaran, dan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar mereka. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi para pengajar dan perancang kurikulum untuk mengintegrasikan teks eksplanasi secara lebih efektif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Selain itu, penelitian ini memberikan sumbangan kepada literatur yang mendukung pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada motivasi siswa.

Kata Kunci : Teks Eksplanasi, Motivasi, Pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 141-150. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.25

Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43. DOI : https://doi.org/10.29210/12017295

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 292-302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100

Ramadhani, S., & Emelia, T. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v2i1.6553

Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62-75. DOI: 10.2317/jpis.v27i2.5720

Herman, F. H., Saddhono, K., & Waluyo, B. (2017). Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran teks eksplanasi siswa sekolah menengah atas: penelitian tindakan kelas. Basastra, 4(2), 45-59.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i2.2204

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: