MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARAWANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasi pemasaran pariwisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang. Adapun data-data dikumpulkan berdasarkan observasi; wawancara dan juga dokumentasi kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri atas reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran pariwisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang belum sepenuhnya efektif hal tersebut terlihat dari segi Analisis Lingkungan, Formulasi strategi, Implementasi strategi serta Evaluasi pemasaran pariwisata yang terbilang masih ditemukan kendala-kendala dalam memasarkan pariwisata di Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan acuan oleh Instansi terkait agar dapat meningkatkan pemasaran pariwisata di Kabupaten Karawang dikemudian hari.
Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Pariwisata
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Damanik, J., & Weber, H. (2006). Perencanaan Ekowisata (1st ed.). Andi.
B. David, F. ., & David, F. R. (2013). Strategic Management: Concept and Cases: A Competitive Advantage Approach. Pearson.
C. Dewi, R., & Sandora, M. (2019). Analisis Manajemen Strategi UIN Suska Riau dalam Mempersiapkan Sarjana yang Siap Bersaing Menghadapi Mea. Jurnal EL-RIYASAH, 10(1), 79–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jel.v10i1.7584
D. Dharta, F. Y., Kusumaningrum, R., & Chaerudin, C. (2021). Penguatan Strategi Komunikasi Pada Pengelolaan Destinasi Wisata Di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.578
E. Disparbud Karawang Ngeluh, Ketersediaan Anggaran Tak Sesuai Dengan Kebutuhan Pembangunan. (2021). JabarNet.Com. https://jabarnet.com/disparbud-karawang-ngeluh-ketersediaan-anggaran-tak-sesuai-dengan-kebutuhan-pembangunan-11892/
F. Dunn, W. N. (1999). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gajah Mada University Press.
G. Glueck, W. F., & Lawrence R, J. (1998). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Erlangga.
H. Herdiansyah, H. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Penerbit Salemba Humanika.
I. Hunger, D. J., & Wheelen, L. T. (2012). Strategic Management and Business Policy (13th ed.). Pearson.
J. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing Management (13th ed.). Prentice Hall.
K. Laporan Singkat Komisi X DPR RI tahun 2021-2022. (2021).
DPR RI. https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/K10-14-08808f5a8bfcc56db5129c7310b7f835.pdf
L. Mahendrayani, I. G. A. P. S., & Suryawan, I. B. (2018). Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2017.v05.i02.p09
M. Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote, NTT). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v4i1.1687
N. Mang Raka. (2020). Sektor Pariwisata Kedodoran. Radar Karawang. https://radarkarawang.id/metropolis/sektor-pariwisata-kedodoran/
O.Maulani, T. S., & Prasetyo, M. H. (2017). Kajian Ekuitas Merek dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Alam dan Budaya di Kabupaten Karawang.
P. Nugraha, E. A., Puteri, D. K. J., Yuniarti, T., & Saepudin, S. (2023). Pelatihan Kepemimpinan dan Peranan Pokdarwis Dalam Pengembangan Wisata Pulau Putri di Kabupaten Karawang. Jurnal IKRATH-ABDIMAS, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2412
Q. Nuryasin, H., Rifai, M., & Gumilar, G. G. (2021). Realokasi Lokawisata pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Karawang. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 5(2), 119–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/ji.v5i2.11666
R. Prasetyo, M. H. (2018). Kajian Expertiential Marketing Terhadap Loyalitas Wisatawan pada Destinasi Wisata Alam dan Budaya di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Journal Banking and Management Review, 7(1).
S. Prastiani, N., & Pratiwi, R. Z. B. (2020). Promosi dan Pemasaran Pariwisata Objek Wisata Tirta Sinongko dalam Upaya Menarik Wisatawan. PRofesi Humas, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2412
T. Qori, I. (2019). Analisis Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Management Anad Business Review, 3(2), 83–94. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4605
U. Rencana Strategis Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan
Kabupaten Karawang Tahun 2021 -2026 (050/094/2021). (2021).
V. Samsudin, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Pustaka Setia.
W. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
X.Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi.
Y. Wirawan. (2016). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Salemba Embat.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1488
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: