ONLINE SHOPPING HABIT SEBAGAI BUDAYA MASYARAKAT MODERN (STUDI KASUS MASYARAKAT ERA DIGITAL)
Abstrak
Di era modern saat ini, masyarakat tidak dapat terpisahkan oleh internet. Partisipasi masyarakat dalam penggunaan internet ini ialah yang dapat menyebabkan masyarakat memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan oleh internet termasuk dalam hal berbelanja online. Dari tahun ke tahun masyarakat ini semakin tertarik dan minat dengan berbelanja secara online yang dimana hal itulah bisa membuat masyarakat kecanduan serta rela menghabiskan waktunya untuk melihat-lihat suatu barang yang ada di salah satu marketplace tersebut, lalu membelinya tanpa melihat kegunaan barang tersebut dikarenakan adanya promo atau voucher gratis ongkir dan hal ini mengakibatkan masyarakat menjadi kalap lalu membeli barang-barang itu tanpa memperdulikan manfaat akan barang tersebut penting atau tidaknya. Dalam penelitian ini menggunakan riset kualitatif dan menggunakan metode pendekatan studi kasus, yang dimana penelitian ini akan mengkaji mengenai perilaku konsumtif masyarakat yang terjadi karena adanya dampak dari toko online serta bentuk konsumtif masyarakat dalam berbelanja online serta penelitian ini menggunakan teori dari Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumsi karna sangat berkaitan dengan kehidupan masa kini dimana masyarakat ini suka sekali memuaskan keinginan membeli barang bukan atas dasar kebutuhan. Kebiasaan berbelanja ini kemudian mulai menjadi suatu gaya hidup dan budaya baru dalam masyarakat.
Kata kunci: konsumtif, budaya, belanja online,masyarakat,gaya hidup
Teks Lengkap:
PDFReferensi
ANGGRAENI, D. D., & SUCIARTO, A. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Perilaku Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Toko Belanja Online Shopee). JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan, 1(3).
Anam, S., Subchan, W., Hariyadi, E., & Prasetyo, H. (2013). BUDAYA KOPI Pengembangan Perkampungan Etnik Using dan Potensi Kuliner Berbasis Lokalitas.
Amanah, S., Rosa, D. V., & Prasetyo, H. Pasca Bencana dan Ketakterhentiannya: Studi Tentang Kultur Resiko dalam Keseharian yang Traumatis.
Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147-166.
Faristiana, A. R. (2022, October). PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA DI MASA PANDEMI. In Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era (Vol. 2, No. 1, pp. 519-531).
Fadhillah, N. R., & Ediyono, S. (2023). PERILAKU KONSUMTIF OLEH MASYARAKAT KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF TEORI JEAN BAUDRILLARD [STUDI KASUS: TIKTOK SHOP]. Marketgram Journal, 1(1), 39-43.
Gultom, A. F. (2020). Konsumtivisme masyarakat satu dimensi dalam optik herbert marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 17-30.
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1).
Islam, R. C. (2017). Simulacra sebagai Kritik Atas Modernisme (Studi Analisis Atas Pemikiran Jean P. Baudrillard). Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 2(1), 88-112.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Rahmawati, V. E., & Surjanti, J. (2021). Analisis faktor perilaku konsumtif berbelanja online produk fashion saat pandemi pada mahasiswa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(2), 3.
Sari, Y. T. K., Hendrastomo, G., & Januarti, N. E. (2020). BELANJA ONLINE DAN GAYA HIDUP MAHASISWA DI YOGYAKARTA. E-Societas, 9(2).
Sari, V. R. (2020). Fenomena Gaya Hidup Masyarakat Kontemporer dalam Era Belanja Daring. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 4(1), 55-62.
Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 6(2), 85-95.
Wahab, W. (2021). BUDAYA BERBELANJA ONLINE DI KALANGAN GENERASI MILENIAL DI MASA PANDEMI. Jurnal Economica, 9(2), 177-184.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1434
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: