PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstrak
Kegiatan belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebahagian besar dilakukan secara mandiri dengan bimbingan terbatas dari guru. Hal ini memunculkan konsekuensi adanya tuntutan kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian belajar siswa dalam proses belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa, siswa yang mandiri dalam pembelajaran akan senang mengerjakan soal secara mandiri. Pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki rasa kesadaran untuk mandiri dalam belajar, bahkan kadang saat proses belajar berlangsung, siswa sering merasa bosan dan malas. Hal ini mungkin di sebabkan karena minimnya pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Dengan demikian diharapkan dengan adanya model pembelajaan Missouri Mathematics project (MMP) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa dan kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sakti dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen VIII- 1 yang berjumlah 20 siswa dan siswa kelas kontrol VIII-3 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (postest), serta angket kemandirian belajar siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 menggunakan statistik uji-t yaitu independent sampel T-test pada taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh bahwa p-value=0,001, karena p-value < 0.05 maka
H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i3.242
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |