Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Literasi Informatika merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur yang mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian dalam bidang keilmuan informatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Jaringan Komputer, Data Mining, Image Processing, Komputer Vision, Mikrokontroller, Robotik, dan IOT. Pemanfaatan jurnal berbasis online yang bertujuan untuk diseminasi dan literasi ilmu pengetahuan yang bebasis teknologi informasi. Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur menjadi salah satu pelopor dalam bidang ilmu teknologi informasi diwilayah aceh yang terus berinovasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan meyebarkannya kepada masyarakat yang diterbitkan empat (4) kali dalam setahun yaitu setiap bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Semua artikel yang diterbitkan di Jurnal Literasi Informatika (JLI) melewati proses review single-blind. Naskah yang diserahkan akan ditinjau oleh setidaknya minimal dua reviewer. Selain itu semua manuskrip harus terbebas dari isi plagiarisme. Untuk hal tersebut penulis disarankan untuk menggunakan deteksi plagiarisme software seperti yaitu Plagiarims checker atau turnitin untuk melakukan pengecekan kesamaan. Kesamaan yang diperkenankan adalah sebesar kurang dari 25%.

Artikel penelitian yang disampaikan ke jurnal ini akan review sekurang-kurangnya 1 (satu) atau lebih reviewer. reviewer akan memberikan komentar dan masukan yang bernilai ilmiah serta memperbaiki isi manuskrip. Setiap peninjau diberikan waktu selama satu minggu untuk melakukan peninjauan. Jika dalam waktu yang ditentukan peninjau tidak memberikan respon maka proses peninjauan diganti dengan peninjau yang lain dengan kualifikasi yang sama.

Keputusan akhir penerimaan artikel akan dilakukan oleh Editor berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Publikasi artikel yang diterima termasuk urutan artikel yang dipublikasikan akan dilakukan oleh Chief Editor.

Salam,

Chief Editor Jurnal JLI

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.