ANALISIS PROFITABILITAS BANK SYARIAH BUMN PASCA MERGER DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profitabilitas Bank BSI (Bank Syariah Indonesia) dan kesadaran masyarakat terhadap produk perbankan syariah pada masa pandemic Covid-19 di Indonesai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Kajian Pustaka dan Analisis yang dilakukan Penulis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari beberapa jurnal. Untuk data sekunder diambil dari buku, dan hasil laporan keuangan bank syariah. Hasil penelitian menunjukan bahwa bank hasil merger (BSI) memiliki potensi profitabilitas yang bagus kedepanya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat akan produk perbankan syariah diantaranya a. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang bank syariah. b. Jaringan operasional bank syariah yang masih terbatas c. Sosialisasi yang dilakukan bank syari‟ah masih kurang massif mempengaruhi terhadap daya tangkap dan pola piker seseorang. Sedangkan usulan dari peneliti terhadap BSI yang paling utama adalah terus memberikan sosialisasi akan produk perbankan syariah.
Kata Kunci: Bank Syariah, Profitabilitas, Kesadaran Masyarakat, Produk Perbankan Syariah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achsani, M. N. F. F., & Kassim, S. (2021).
Determinant of Indonesian Banking Profitability: Case Study Dual Banking System. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 4(SI), 1–18.
Alarussi, A. S., & Alhaderi. (2018). Factors
affecting profitability in Malaysia. Journal of Economic Studies, 45(3), 442–458.
Antonio, Muhammad Syafi?i. Bank Syariah: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. 2001.
Asmalidar, Analisis Faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkatliterasi keuangan mahasiswa di Kota Medan (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Jurusan Akuntansi dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi USU. UPPM Polmed), 2017.
Edy Suprianto, Hendry Setiawan, D. R. (2020).
Pengaruh Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. Wahana Riset Akuntansi, 8(2), 140–146.
Fadjar, A., S, H. E., & EKP, T. H. (2017).
Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Bank Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Di Indonesia. Journal of Management and Business Review, 10(1), 150–163.
Nabilah Anika, N. I. C. dan A. W. S. (2021).
Potensi Praktik Monopoli dalam Merger Bank Syariah Indonesia Tinjauan Hukum Ekonomi Islam dan Hukum Larangan Monopoli. Jurnal Hukum Lex Generalis, 2(2), 174–194.
Porwati, V., Fasa, M. I., Suharto, S (2021).
Analisis Potensi Profitabilitas Bank Syariah Pasca Merger Ditinjau Dari Determinan Yang Dapat Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), Volume 34 (1), 34-41.
Romadhon, B & Sutrantri, S (2021).
Korelasi Merger Tiga Bank Syariah dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah. Jurnal At-Tamwil. Vol. 3 (1), 86-98.
Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian
Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.
Wahyudi, R., Mutmainah, L., Nahar, F. H.,
Adha, M. A., & Rifan, A. A. (2021). Determinants of Profitability in Indonesian Islamic Banking : Case Study in the COVID-19 Period. Integrated Journal of Business and Economics, V(1), 37–46.
Wiyono, W. M. (2021). Dampak Merger 3
(Tiga) Bank Syariah BUMN Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah. Cakrawala Hukum, 23(1), 65–73.
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tent
ngsyariah/Pages/Sejarah Perbankan Syariah.aspx
https://www.wartaekonomi.co.id/read32947
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v1i2.501
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |