PENGARUH POTONGAN HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ADI SPORT SIGLI KABUPATEN PIDIE

Cut Yusnidar, Misdalaina Misdalaina

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui “Pengaruh Potongan Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Adi Sport Sigli Kabupaten Pidie”. Sampel diambil sebanyak 96 orang responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 3.283 + 0,509 X1 + 0,328 X2. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat  disimpulkan bahwa variabel yang diteliti, ternyata variabel Potongan Harga (X1) mempunyai pengaruh paling signifikan sebesar 50,9 % terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Adi Sport Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Potongan Harga (X1) dan variabel Citra Merek (X2) terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Adi Sport Sigli Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 86,8 % Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi variabel Potongan Harga (X1) dan Citra Merek (X2) sebesar 75,4 %, ini berarti secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Adi Sport Sigli Kabupaten Pidie, dan hanya sebesar 24,6 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Keputusan Konsumen, Potongan Harga, Citra Merek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AB Susanto & Philip Kotler. 2010. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Agus Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ahira. A, 2011, ”Pengertian dan Perkembangan Ensiklopedia”, http://www.anneahira.com/ensiklopedia.htm (diakses 1 Desember 2014 ).

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Basu Swastha, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta. Bebet Wijayanto, Apriautni Endang P. Sari Listyorini.

Cannon, Perreault dan McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan. Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Darke, Peter R., and Chung, Cindy M.Y. 2005. Effects of Pricing and Promotion on Consumer Perceptions: It Depends on How You Frame It. Journal of Retailing 81 p. 35-47.

Engel, Blackwell, Miniard. (2012). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara

Fandy Tjiptono 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi. Offset.

Gregor Polancik. (2009). Empirical Research Method Poster. Jakarta.

Indriantoro, Nur., Bambang Supomo, 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg.

. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2007). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Penerbit Erlangga, Jakarta.

(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12.

(2011). 10th Edition. “Marketing an Introduction”.Indonesia: Perason

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks., New Jersey.

(2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1,. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kusumawardani, Arum. 2011. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Melalui Internet (Internet Financial Reporting) Dalam Website Perusahaan”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro

Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks

Mariana. 2009. Hubungan Sikap Konsumen Pada Discount Dengan Minat Membeli Produk Fashion Pada Remaja Akhir. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Malang : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan. Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman dan Kanuk. 2007.Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Setiadi. 2008. Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha. Ilmu.

Singgih Santoso. (2009). Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS. Jakarta:

Sutisna, 2012, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v1i2.498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by:

 
  

     

  
 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.