ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUMBU MASAKAN PUSAKA INDATU DI KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Bumbu Masakan Pusaka Indatu di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie. Peralatan analisis data menggunakan regresi linier berganda sedangkan jumlah sampel sebanyak 70 orang responden. Dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan program SPSS versi 2.1. diperoleh F-hitung = 018.268 dengan tingkat probabilitas 0,000. Sedangkan F-tabel = 3,982 untuk lebih jelas bisa dilihat pada lampiran F-tabel penelitian. Dapat disimpulkan bahwa karena probabilitas jauh lebih kecil besar 0,05. Dimana F-hitung (18.268) ≥ Ftabel (3,982), maka dapat dikatakan bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan bersama-sama secara signifikan oleh variabel independen atau dengan kata lain penelitian ini menerima Ha dan menolak hipotesis Ho. Nilai (R) korelasi (R) sebesar 0,170 yang menunjukkan bahwa derajat hubungan (korelasi) antara variabel bebas dengan varibel terikat sebesar 0.594 atau sebesar 59,4%. Artinya variabel harga dan kualitas produk, menunjukkan hubungan yang baik terhadap keputusan pembelian. Dari kedua variabel independen yaitu variabel harga dan kualitas produk setelah dilakukan pengujian secara parsial dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X3) lebih dominan pengaruhnya dibandingkan dengan variabel kualitas produk.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2013. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, cet. 15. Jakarta : Rineka Cipta
Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran, Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Basu Swasta dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Buchari, Alma. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Bartono dan Ruffino. 2010. Tata Boga Industri. Yogyakarta: Andi.
Danang Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS.
Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fitria, Heni, dan Kaswara, Rani Andriani. 2009. Buku Pintar Berbisnis. Katering. Jakarta: Transmedia.
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi. Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hambali E. 2008. Membuat Aneka Bumbu Instan Kering. Jakarta: Penebar Swadaya
Hurriyati, Raatih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.
. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangg.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. New Jersey: PrenticeHall,Inc
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip–Prinsip Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Jilid 1. Edisi Kedua belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13). United States of America: Pearson.
Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen, J. dan Minor, M. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga
Schiffman, Leon G dan Kanuk, 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
. 2010. Consumer Behavior. 10th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Supranto, J. dan Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Suyadi Prawirosentono. 2009. Manajemen Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa
Stanton, William, J. 2008. Prinsip Pemasaran. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Cetakan Ke-24. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumarni, Murti, & Wahyuni, Salamah.2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : ANDI
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v1i2.497
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |