Model Digitalisasi UMKM dalam Transaksi Ekonomi Era Sosiety 5.0

Lila Wardana, Cut Italina

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi digital para pelaku UMKM di Kabupaten Pidie yang berdampak pada keterbatasan mereka dalam memanfaatkan peluang transaksi ekonomi digital di era Society 5.0. Perkembangan teknologi menuntut pelaku UMKM untuk mampu menyesuaikan diri agar tetap bertahan dan bersaing di tengah pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta menguji efektivitas E-Modul sebagai media pembelajaran mandiri yang dapat membantu meningkatkan pemahaman UMKM tentang prosedur transaksi digital. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparasi pre-test dan post-test terhadap 30 responden pelaku UMKM. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, angket, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada tingkat pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul, yang membuktikan bahwa E-Modul efektif untuk meningkatkan literasi digital UMKM. Temuan ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi praktis dalam mendukung transformasi digital UMKM secara berkelanjutan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis terkait pengembangan media pembelajaran digital bagi pelaku usaha mikro, serta implikasi praktis dalam penguatan kapasitas adaptasi teknologi untuk menghadapi era Society 5.0

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Erik, B., Avinash, C., & Felix, E. (2019). Using massive online choice experiments to measure changes in well-being. Proceedings of the National Academy of Sciences, 116(15), 7250–

https://doi.org/10.1073/pnas.1815663116

H, H., & A, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro

Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2),

https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Lestantri, I. D., Janom, N. B., Aris, R. S., & Husni, Y. (2021). The perceptions towards the digital sharing economy among SMEs: Preliminary findings. Procedia Computer Science, 197(2021), 82–91. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.121

Luh, N., Telagawathi, W. S., Suci, N. M., & Krisna Heryanda, K. (2021). Implikasi Kewirausahaan Terhadap Digitalisasi Ekonomi dan Ekonomi Kemanusiaan UMKM Kerajinan Tenun di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 228–240.

Ghozali, I. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Juwita, Dinda, and Anik Nur Handayani. "Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0." Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik 2.5 (2022): 249-255.

Utami, Tini, et al. UMKM DIGITAL: Teori dan Implementasi UMKM pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Febriana, Hanin, et al. "Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0." Jurnalku 3.3 (2023): 365-374.

Sunarjo, Wenti Ayu, Amalia Ilmiani, and Nadia Putri Kamila. "Optimalisasi strategi pemasaran digital sebagai upaya peningkatan omset bagi UMKM batik di era Society 5.0." DIMASEKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.1 (2023): 1-10.

Hamzah, A. Hadian Pratama, et al. "Pendampingan Pengembangan UMKM melalui Implementasi Financial Technology Era Society 5.0." Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 4.2 (2023): 377-388.

Rahmawati, D., & Pratama, H. (2024). Digital Literacy and Business Sustainability for SMEs: A Case Study in Rural Areas. Journal of Small Business Strategy, 34(1), 45–58.

Yusuf, M., & Sari, I. P. (2023). Pemanfaatan Modul Digital untuk Peningkatan Kapasitas UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Digital, 2(2), 99–110.

Nugroho, B. A., & Wibowo, H. (2024). Penguatan Ekosistem Pembelajaran Digital bagi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 88–97.

Sari, D. P., & Utami, S. M. (2024). Society 5.0 dan Tantangan Digitalisasi UMKM di Indonesia. Jurnal Inovasi Ekonomi, 9(1), 15–27.

Lestari, A., & Widodo, T. (2023). Implementasi E-Modul dalam Penguatan Literasi Digital Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengembangan UMKM, 7(2), 115–123.

Rahmawati, D., & Pratama, H. (2024). Digital Literacy and Business Sustainability for SMEs: A Case Study in Rural Areas. Journal of Small Business Strategy, 34(1), 45–58.

Yusuf, M., & Sari, I. P. (2023). Pemanfaatan Modul Digital untuk Peningkatan Kapasitas UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Digital, 2(2), 99–110.

Nugroho, B. A., & Wibowo, H. (2024). Penguatan Ekosistem Pembelajaran Digital bagi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 88–97.

Sari, D. P., & Utami, S. M. (2024). Society 5.0 dan Tantangan Digitalisasi UMKM di Indonesia. Jurnal Inovasi Ekonomi, 9(1), 15–27.

Lestari, A., & Widodo, T. (2023). Implementasi E-Modul dalam Penguatan Literasi Digital Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengembangan UMKM, 7(2), 115–123.

Luh, N., Telagawathi, W. S., Suci, N. M., & Krisna Heryanda, K. (2021). Implikasi Kewirausahaan Terhadap Digitalisasi Ekonomi dan Ekonomi Kemanusiaan UMKM Kerajinan Tenun di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 228–240.

Erik, B., Avinash, C., & Felix, E. (2019). Using massive online choice experiments to measure changes in well-being. Proceedings of the National Academy of Sciences, 116(15), 7250–7255.




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v5i2.3289

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.