FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSANKONSUMEN DALAM MEMBELI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) PADA PERTAMINI DI KECAMATAN TITEUE KABUPATEN PIDIE

Teuku Isnaini, Muhammad Rizki

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli bahan bakar minyak (BBM) pada Pertamini di Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie. Adapun faktor-faktor yang dijadikan varibel dalam penelitian ini terdiri dari produk (X1) harga (X2) dan lokasi (X3). Jumlah sampel yang digunkan sebanyak 100 responden sampel ditentukan dengan teknik non probalility sampling. Data dalam penelitian ini valid dan realibel serta memenuhi asumsi regresi. Hasil analsis regresi linier berganda diperoleh               Y = 4,400 + 0,225 + 0,301 + 0,192 .

Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda, diketuahi bahwa variabel produk, harga dan lokasi memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian BBM pada Pertamini di Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie sebesar sebesar 39,6% sedangakan sisanya sebesar 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan, masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian BBM pada pertamini selain dari variabel produk, harga dan lokasi.

Variabel produk memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian BBM pada Pertamini di Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie sebesar 0,255%. Varaibel harga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian BBM pada Pertamini di Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie 0,301%. Variabel lokasi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian BBM pada Pertamini di Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie sebesar 0,192%. Dari ketiga variabel yang diteliti, variabel harga menunjukan nilai pengaruh yang lebih tinggi terhadap keputusan pembelian BBM pada Pertamini Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie.

 

Kata Kunci: Produk, Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari 2016. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Edisi revisi. Bandung: Alfabeta

,2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Ed. I. Bandung: Alfabeta

,2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Ardiansyah dan Suhaimi, Muhammad. 2014. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian BBM Bersubsidi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Retulangi di Kota Manado. Jurnal EMA. Vol 2. No, 2. Hal 428 - 437

Chih-jen, chih-wei Hsu chih-cuang Chang. 2008 A partical Guide to support vector.

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Fajar , Idris. 2015. Faktor- faktor yang memperngaruhi keputusan pembelian sepatu di toko Fajar SportKecamatan Pedurungan Kota Semarang. Vol 4 No.1

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

,2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. Semarang :BP Universitas Diponegoro.

Gujarati dan Porter. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta : Salemba Empat

Huwaida, Hikmayanti, Sri Imelda dan Rofi. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Telepon Genggam. Vo.16, No.1

Jonathan Wandy dan Diah Dharmayanti. 2014. Pengaruh Marketing Mixterhadap Minat Beli Konsumen akan Produk Mie Lopo Timor melalui Motivasi sebgai Variabel Intervening. Vol. 2, No.1.

Kotler, Philips dan Kevin Lane, Keller,2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

,Amstrong, Garry, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

,Amstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

,Kevin L, keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2,Edisi 13. Erlangga, Jakarta

Purba 2015, Polancik, Gregor. 2009. Empiricial Reseach Method Poster. Jakarta

Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BBM Pertalite. Vol 1. No 1

Rhendria, Muhammad Dinawan. 2010. Analisis Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian, Vol 9.No.3

Sarjono, Haryadi, dan Julianita, winda. 2011. SPSS vs LISREL; Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Selemba Empat:Jakarta

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Bandung: Alfabeta

,2012. Metode Penelitian Pendidikan.Edisi refisi. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandi 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, ANDI:Yogyakarta

,2014. Pemasaran jasa, prinsip, penerapan dan Penelitian, ANDI: Yogyakarta.

,2012. Pemasaran jasa, prinsip, penerapan dan Penelitian, ANDI: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v1i1.326

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.