Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk Lokal vs. Impor di Makassar

Muhammad Fachrul Salam, A. Nurul Suci Amaliah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, faktor psikologis, dan nilai-nilai sosial (termasuk tendensi boikot) terhadap keputusan pembelian antara produk lokal dan impor oleh konsumen di Makassar. Metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan pada 158 responden yang merupakan pengguna aktif marketplace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, faktor psikologis, dan nilai-nilai sosial secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Nilai-nilai sosial memiliki pengaruh langsung terkuat terhadap keputusan pembelian (β=0.487), sementara faktor psikologis berpengaruh paling kuat terhadap nilai-nilai sosial (β=0.600). Tendensi boikot, sebagai komponen nilai-nilai sosial, terbukti signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Model penelitian menunjukkan kemampuan prediktif yang sangat tinggi (R2 Keputusan Pembelian = 0.954), meskipun ditemukan isu validitas diskriminan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi strategi UMKM lokal dan kebijakan pemerintah di Makassar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriyanty, R., & Wahab, D. (2019). Preferensi Konsumen Generasi Z Terhadap Konsumsi Produk Dalam Negeri. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 280–296. Https://Doi.Org/10.29313/Ethos.V7i2.4694

Asri Murwanti. (2023, Februari 5). Mengapa Produk Lokal Belum Jadi Pilihan Konsumen?

Ukmindonesia.Id. Https://Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Mengapa-Produk-Lokal-Belum- Jadi-Pilihan-Konsumen. Website Diakses Pada 22 Mei 2025.

Badan Perencanaan, & Pembangunan Nasional. (2024). Kementerian Perencanaan Pembangunan

Nasional. Laporan Diakses Pada 22 Mei 2025.

Budiarti, L. (2020). Pengaruh Negara Asal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Impor

Dengan Moderasi Variabel Pengetahuan Produk.

Dinas Koperasi Dan Umkm. (2021). Renstra 2021-2026 Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Makassar.

Laporan Diakses Pada 22 Mei 2025

Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Makassar. (2024, September 20). Artikel Kebiasaan Online Gen Z Makassar: Potret Generasi Digital Di Kota Anging Mammiri. Website Diakses Pada 22 Mei 2025

Fabella, N. T., Devi, Y., & Kurniati, E. (2023). Pengaruh Merek Lokal Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Pakaian Di Kota Bandar Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Konsumen Pakaian The Executive Kota Bandar Lampung). Manajemen Bisnis Islam, 4(1). Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V4i1.14496

Folia, A. D., & Yulianti, R. A. (2023). Analisis Sikap Dan Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Fashion Dengan Menggunakan Brand Image Merek Lokal Dan Impor. Dalam Applied Business And Administration Journal (Vol. 2).

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When To Use And How To Report The

Results Of Pls-Sem. European Business Review, 31(1), 2–24. Https://Doi.Org/10.1108/Ebr-11-

-0203

Jaelani, A., & Nursyifa, Y. (2024). Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel. Karimah

Tauhid, 3(2).

Maharani, I. P. D., Wulandari, N. L. A. A., & Sunny, M. P. (2023). Pengaruh Brand Preference Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian. Widya Amrita : Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 511–522.

Munandar, A., Syafaat Yaasin, M., & Firdaus, R. A. (2023). Analisis Sentimen Netizen Indonesia

Mengenai Boikot Produk. Tauhidinomics: Journal Of Islamic Banking And Economics, 3(1), 23–

Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67–74. Https://Doi.Org/10.37641/Jabkes.V2i1.1358

Putri, R. E. (2024). Preferensi Pembelian Produk Lokal Secara Online Pada Platform Shopee Sebagai

Salah Satu Sikap Bela Negara.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel. (2024, Juli 17). Pemprov Sulsel Dorong Pengembangan Umkm

Melalui Digitalisasi.

Shmueli, G., Sarstedt, M., Hair, J. F., Cheah, J.-H., Ting, H., Vaithilingam, S., & Ringle, C. M. (2019).

Predictive Model Assessment In Pls-Sem: Guidelines For Using Plspredict. European Journal Of

Marketing, 53(11), 2322–2347. Https://Doi.Org/10.1108/Ejm-02-2019-0189

Silviah, S., Lutfianti, W. H., & Firmansyah, R. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Online Pada E-Marketplace Di Indonesia. Dalam Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis (Vol. 7, Nomor 6). Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/07/19/10-E-Commerce-Dengan-Pengunjung-

Sofa, A. Y., & Parmariza, Y. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek, Country Of Origin, Dan Desain

Produk Pada Minat Beli Mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1).

Sudarti, K. (2020). Peningkatan Minat Pembelian Merek Lokal Melalui Consumer Ethnocentrisme.

Http://Jurnal.Unimus.Ac.Id

Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). Budaya Belanja Online Generasi Z Dan Generasi Milenial

Di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan Di Online Shop Beauty By Asame). Scriptura,

(1), 58–71. Https://Doi.Org/10.9744/Scriptura.12.1.58-71




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v5i2.3158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.